Disporapar Kota Metro Wacanakan Akan Kembangkan Wisata Kuliner

514
Disporapar Kota Metro Wacanakan Akan Kembangkan Wisata Kuliner
Kepala Disporapar Kota Metro Yeri Ehwan berserta jajaran saat meninjau objek wisata Bendungan Dam Raman, Senin (6/2/2017) lalu. Foto: Hendra - Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Selain mengembangkan wisata alam, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Metro juga mewacanakan akan mengembangkan wisata kuliner di Bumi Sai Wawai.

Kepala Disporapar Yeri Ehwan menuturkan, nantinya secara bertahap Disporapar akan melakukan mapping tempat-tempat yang cocok untuk dikembangkan menjadi tempat wisata kuliner.

”Kita akan koordinasi dengan tempat-tempat kuliner. Kita akan cari dulu mana-mana tempat yang cocok untuk dikembangkan menjadi wisata kuliner. Karena bagaimanapun juga antara wisata buatan, wisata atraksi, dan wisata kuliner itu harus saling sinergi,” tutur Yeri di ruang kerjanya, Selasa (7/2/2017).

Saat ini, terusnya, Disporapar fokus untuk mengembangkan pariwisata di Kota Metro. Karenanya, dinas tersebut kerap kali meninjau tempat-tempat yang dianggap memiliki potensi.

”Kota Metro sudah punya potensi, tinggal bagaimana kita kembangkan. Untuk saat ini kita meninjau daerah-daerah yang dianggap cocok untuk dikembangkan menjadi tempat wisata. Untuk melihat nantinya akan dibuat seperti apa kebutuhannya,” terusnya.

Di masing-masing tempat wisata, nantinya akan dibuat memiliki karakteristik untuk menarik minat pengunjung.

”Harus ada karakteristik masing-masing. Kalau semua sama, ya tidak ada daya tariknya. Contohnya, Hutan Kota Tejosari yang berdekatan dengan kolam renang dan stadion, dibuat outbond. Terus Bumi Perkemahan dibuat ada kebun binatang mini. Nah seperti itu,” katanya.

Dalam memudahkan pengelolaan tempat wisata tersebut, Disporapar juga mengusulkan untuk membuat Unit Pelaksana Teknis (UPT).

”Dalam usulan itu di setiap UPT ada unit teknis, unit pendanaan, unit operasional atau pemiliharaan. Jadi, kalau ada yang rusak atau perlu, itu mereka,” tutupnya.

(Hendra)

Tinggalkan Komentar Anda