Diterjang Puting Beliung, 7 Rumah di Yosodadi Rusak

547
Diterjang Puting Beliung, 7 Rumah di Yosodadi Rusak
Salah satu rumah milik Muktar Yusuf yang mengalami kerusakan di bagian atap akibat diterjang puting beliung, Senin (24/1/2017). Foto: Hendra - Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Tujuh rumah di Jalan Mujahir, RT 13 RW 06, Kelurahan Yosodadi, Kecamatan Metro Timur, rusak akibat diterjang angin puting beliung, Senin (23/1/2017).

Ketujuh rumah tersebut yakni milik Nardo, Guswanto, Surip, Beni/Muhtar, Sutiyem/Tusiran, Nurlali, dan Puji Rahayu. Hampir semua rumah yang terkena angin puting beliung mengalami kerusakan di bagian atap.

Salah satu korban Muhtaris Yusuf menjelaskan, bahwa puting beliung terjadi pada sore hari sekira pukul 16.00 WIB. Untungnya, tidak ada korban jiwa dan hanya atap rumahnya saja yang mengalami kerusakan akibat diterjang angin puting beliung tersebut.

”Sore sebelum hujan mas. Kira-kira jam empatan lah. Hanya bagian atap yang mengalami kerusakan, tidak ada penghuni rumah yang terkena. Karena atap belakang rumah asbesnya rusak pas hujan itu, bagian dapur rumah banjir mas,” jelasnya.

Sementara, Camat Metro Timur Rosita Mizi menuturkan, para korban angin puting beliung sudah dilakukan pendataan dan nantinya akan diusahakan mendapat bantuan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Metro.

”Tadi sudah kita lakukan pendataan bersama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) nantinya akan kita proses. Dan nanti tetap ada bantuan, tapi diharapkan masyarakat bisa memperbaiki sendiri kerusakannya. Karena namanya bantuan ya tidak semua, tapi tetap akan kita usahakan ada bantuan,” tuturnya.

Diterjang Puting Beliung, 7 Rumah di Yosodadi Rusak 2
Kepala BPBD Kota Metro L.M. Hutabarat bersama dengan Camat Metro Timur Rosita Mizi, Lurah Yosodadi Fitri Minarni, mengunjungi salah satu korban puting beliung, Senin (24/1/2017). Foto: Hendra – Sebatin.com

Terpisah, Kepala BPBD Kota Metro L.M. Hutabarat menjelaskan, tetap ada bantuan yang akan diberikan kepada korban. Namun, kata dia, tidak diberikan dalam bentuk uang tetapi dalam bentuk barang. Bantuan, tersebut, nantinya akan diberikan sesuai dengan kerusakan dan kondisi korban.

”Kita tetap usahakan. Tapi tetap kita laporkan dulu ke pimpinan. Dan kita lihat kondisi rumah tersebut dan kerusakan yang terjadi. Nanti cuma genteng 2 buah kita mau ganti. Jadi seumpama asbesnya yang rusak 10 lembar, ya nanti akan kita bantu 5 lembar asbes seperti itu,” jelasnya.

Kata dia, bencana angin puting beliung di Kelurahan Yosodadi Metro Timur memang baru kali pertama terjadi. Kata dia, daerah yang sering terjadi puting beliung yakni Karangrejo dan Kelurahan Tejosari, Metro Timur.

”Kalau yang di sini baru pertama. Yang sering terjadi itu di daerah yang terbuka seperti di Stadion Tejosari atau Kelurahan Karangrejo,” tuntasnya.

Tidak ada korban dalam bencana ini, namun rumah yang diterjang angin puting beliung ini mengalami kerusakan cukup parah di bagian atap. Rumah milik Nardo mengalami kerusakan asbes sebanyak 10 lembar, Guswanto Asbes 15 lembar, Surip Asbes 10 lembar dan Kerpus 10 buah, Beni/Muktar Asbes 25 lembar, Sutiyem/Tusiran Asbes 10 lembar, Nurali Asbes 14 lembar dan Puji Rahayu kerpus. (Hendra)

Tinggalkan Komentar Anda