DKP Kota Metro Adendum Perjanjian dengan Bulog Terkait Cadangan Pangan

505
DKP Kota Metro Adendum Perjanjian dengan Bulog Terkait Cadangan Pangan
Penandatanganan Adendum Antara Pemkot Kota Metro melalui DKP Kota Metro dan Bulog Divre Lampung Tengah. Foto: Willi - sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Kota Metro menyelenggarakan Rapat Kordinasi (Rakor) yang dibuka langsung oleh Walikota Metro Achmad Pairin, dengan tema ‘Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan untuk Mendukung Terwujudnya Kawasan Wisata Keluarga” di Gedung Operation Room Sekertariat Pemerintah Kota Metro,Rabu (07/12/2016).

Rakor yang sekaligus Adendum antara Bulog dan Pemkota Metro ini dihadiri pula oleh Kepala Sub Bulog Divre Lampung Tengah Hamid Ali, Kepala TP4K Propinsi Lampung Ir. Made Suweca. MM, Kepala Badan Ketahanan Pangan Propinsi Lampung Ir. Kusnadi, MM, Asisten II Pemerintah Kota Metro Dr. Khaidarmansyah.

Dalam kesempatan tersebut Pairin memberikan apresiasi dengan adanya kegiatan ini. Rakor yang sekaligus melakukan Adendum antara Bulog Sub Divre Lampung Tengah dengan Pemerintah Kota Metro.

Menurut Imron selaku Kepala DKP Kota Metro menjelaskan bahwa isi dari Adendum merupakan perpanjangan perjanjian yang sudah dijalin sebelumnya kepada Bulog.

“Jadi itu perubahan masa berlakunya saja, karena perjanjian yang sebelumnya itu berlaku hingga 23 Otober 2016. Namun karena kita (Pemkot Metro) belum bisa mencapai target yang diminta oleh Bulog yaitu sebesar 100 Ton untuk cadangan pangan, sedangkan kita baru mencukupi 58 Ton saja, maka diperpanjang kembali,” Ujarnya.

Imron juga menambahkan bahwa jika target belum dipenuhi akan diperpanjang kembali dan setiap kabupaten kota seluruh Indonesia itu harus memilki cadangan pangan sebesar 100 Ton.

“Target 100 Ton itu target dari Bulog, rencananya tahun 2017 itu nanti 15 Ton. Total (keseluruhan) baru 74 Ton jika ditambahkan dengan tahun 2016, itu masih kurang, maka akan diperpanjang lagi hingga mencapai 100 ton. Kalau untuk Provinsi itu target 200 ton,” tambahnya.

DKP Kota Metro Adendum Perjanjian dengan Bulog Terkait Cadangan Pangan
Wali Kota Metro, Achmad Pairin Saat Membuka Rakor sekaligus Adendum DKP terhadap Bulog Di Ruang OR. Foto: Willi – Sebatin.com

Dalam sambutannya, Pairin mengungkapkan bahwa kebutuhan pangan masyarakat Metro yang terdiri dari kurang lebih 163 ribu jiwa masih terbilang cukup dengan hasil panen pada tahun 2016 ini, yang berkisar sekitar 33 Ton gabah yang menghasilkan 18 ton beras.

“Jika dirata-rata kebutuhan masyarakat Kota Metro ini sekitar 0,28Kg/Hari/Kapita. Sehingga dari jumlah jiwa 163 Ribu dengan kebutuhan makan dengan laporan saya tadi (0,28) maka kalau kita hitung kebutuhan hanya sekitar 16 Ton. Maka Alhamdulillah mudah-mudahan masih cukup untuk makan masyarakat kota Metro,” ungkapnya.

Setelah membuka rakor secara resmi, acara dilanjutkan dengan penandatanganan Adendum antara Pemerintah Kota Metro yang diwakili oleh Kepala Dewan Ketahanan Pangan, Imron selaku pihak pertama dengan Bulog Sub Divre Lam-Teng selaku pihak ke dua. (Nell/Willi)

Tinggalkan Komentar Anda