DKP3 Metro Helat Gemarikan di SD Negeri 2 Metro Utara

213
DKP3-Metro-Helat-Gemarikan-di-SD-Negeri-2-Metro-Utara02
Kepala DKP3 Metro Lusia Parjiem, S.P. dalam rangka mensukseskan Program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di wilayah Kota Metro. Foto : Rani sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Dalam rangka mensukseskan Program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di wilayah Kota Metro, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Metro menghelat sosialisasi di SD N 2 Metro Utara, Selasa (17/10/2017).

Kepala DKP3 Metro Lusia Parjiem, S.P. menuturkan, salah satu tugas DKP3 Metro adalah melaksanakan UU no. 18 tahun 2012 yang tugasnya adalah mewujudkan ketahan pangan, yakni kondisi terpenuhinya pangan, baik secara bergizi, seimbang, dan aman guna mencapai hidup sehat secara berkelanjutan yang harapannya menumbuhkan anak yang cerdas.

“Kami lebih memilih sekolah karena memang sasaran dari Gemarikan adalah ibu dan anak usia sekolah. Ya agar anak tumbuh sehat, cerdas, dan trampil dengan mengkonsumsi ikan. Dengan sosialisasi di sekolah, diharapkan agar anak minta dimasakin ikan kepada ibu, sehingga seluruh keluarga termasuk anak bisa makan ikan,” paparnya.

DKP3-Metro-Helat-Gemarikan-di-SD-Negeri-2-Metro-Utara01
Kepala DKP3 Metro Lusia Parjiem, S.P sedang berkomunikasi dengan siswa SD N 2 Metro Utara dalam rangka mensosialisasikan Gemarikan, Selasa (17/10/2017). Foto : Rani sebatin.com

Lusia menjelaskan bahwa pihaknya juga mengarahkan agar para anak didik untuk bercerita kepada orang tua agar mereka bersedia membudidaya ikan di rumah. Sebab ia menilai, masyarakat tidak mengkonsumsi ikan lantaran mereka tidak ada ikan di rumah. Sehingga dengan membudidaya ikan, maka ikan akan selalu ada di rumah.

“Kota Metro tingkat konsumsi atau makan ikannya masih rendah yakni baru 22,5 kg/perkapita/tahun. Kami memang sengaja mencari sekolah di wilayah yang berkriteria ekonomi lemah. Oleh sebab itu kami telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan mencari data sekolah yang demikian,” jelasnya.

Kepala SD N 2 metro Utara, Drs. M. Dwiwiyoto mengatakan, dengan adanya kegiatan ini kedepan seluruh anak diharapkan terbiasa mengkonsumsi ikan. Bahkan ia juga mengucapkan terimaksih kepada DKP3 Metro yang telah sudi membantu mensosialisasikan Gemarikan. “Mudah mudahan dengan gerakan ini, anak jadi terbiasa makan ikan untuk hidup sehat. Dan kalau bisa anak terbiasa memakan dan membudidaya ikan di rumah, mengingat ikan sangat berperan terhadap pertumbuhan anak,” kata dia.

Pantauan di lapangan, sosialisasi ini juga disertai dengan Kuis berhadiah. Dan pertanyaan kuis sendiri cukup mudah yakni pertanyaan yang berkaitan dengan perikanan. Selanjutnya para anak didik diajak mengkonsumsi bakso dari bahan ikan.

(rani)
Editor : Red.

Tinggalkan Komentar Anda