DPRD Lamteng Gelar Paripurna Pengesahan 3 Raperda Pemkab Setempat

8
DPRD-Lamteng-Gelar-Paripurna-Pengesahan-3-Raperda-Pemkab-Setempat-01
Rapat Paripurna DPRD Lamteng tentang Pengesahan 3 Raperda Pemerintah kabupaten setempat, Selasa (31/07/2018).

Sebatin.com, Gunung Sugih – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) menggelar Rapat Paripurna Pengesahan 3 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), yang dilaksanakan di gedung DPRD setempat, Selasa (31/07/2018).

Ketiga Raperda itu adalah Raperda tentang Laporan Pertanggung jawaban Penggunaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (LPPA) Tahun Anggaran 2017, Raperda tentang Penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah dan Raperda tentang Pencabutan Peraturan Daerah Kabupaten Lampung Tengah Nomor 02 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Kelurahan.

Rapat Paripurna dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Lamteng, A Junaidi Sunardi, yang juga di ikuti oleh Wakil Bupati Lampung Tengah, Loekman Djoyosoemarta beserta jajaran Forkopimda, serta 31 anggota dewan setempat.

Ketua Pansus LPPA TA 2017, M Gofur, mengatakan, saat pembahasan dan pengkajian LPPA terdapat beberapa catatan, diantaranya terkait rasio pendapatan asli daerah yang masih rendah, penarikan pajak restoran yang belum maksimal, dan penyelesaian piutang Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). “Beberapa catatan kami, PAD terhadap APBD masih sangat rendah, pada tahun 2017, rasio masih 6,26 persen”, jelasnya.

DPRD-Lamteng-Gelar-Paripurna-Pengesahan-3-Raperda-Pemkab-Setempat-02
Ketua DPRD Lamteng, A Junaidi Sunardi, saat menandatangani berkas berita acara pengesahan 3 Raperda Pemkab Lamteng.

“Maka perlu ada sebuah upaya, untuk PAD kita dapat terus ditingkatkan. Masih bisa kita gali dari pajak rumah makan. Dan berdasarkan hasil dari rapat kami dengan beberapa OPD, agar tidak ada kebocoran pajak, di harapkan penarikan pajak dengan mengunakan metode elektronik”, terang Ketua Pansus LPPA 2017 tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Lampung Tengah, Loekman Djoyosoemarto, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pansus LPPA DPRD Lamteng, atas saran, rekomendasi dan sumbangsih pemikiran yang diberikan, untuk kebaikan dan kemajuan Kabupaten Lampung Tengah, seta kesejahteraan masyarakatnya.

“Terkait rasio PAD yang masih rendah karena pemungutanya sudah sesuai UU Nomor 28 Tahun 2009 tentang pajak, dan untuk meningkatkan PAD seperti saran DPRD, kami akan terus berupaya menggali potensi pajak rumah makan, salah satunya dengan cara mendata ulang rumah makan yang ada di Lamteng ini, supaya dapat lebih optimal. Kami komitmen untuk meningkatkan PAD”, tutur Loekman Djoyosoemarto.

Lanjutnya, terkait penghilangan UPTD di setiap kecamatan, yang telah di jalankan Pemkab berdasarkan dengan aturan pemerintah pusat, Wakil Bupati Lamteng tersebut juga menyampaikan, akan tetap berupaya untuk mengakomodirnya. “Untuk setiap ASN di seluruh UPTD, yang ada di seluruh kecamatan di kabupaten ini, jangan khawatir atau pun merasa terzolimi. Kalian tetap akan kami akomodir”, ujarnya.

DPRD-Lamteng-Gelar-Paripurna-Pengesahan-3-Raperda-Pemkab-Setempat-03
Wakil Bupati Lamteng, Loekman Djoyosoemarto saat menerima berkas pengesahan 3 Raperda Pemkab Lamteng

“Kami juga telah memberikan himabaun kepada seluruh Puskesmas, untuk selalu memprioritaskan pasien rujukan, ke Rumah Sakit Demang Sepulau Raya, agar PAD kabupaten ini dapat lebih meningkat lagi”, Wakil Bupati Lamteng.

Usai pembacaan Substansi Perda oleh Ketua DPRD Lamteng, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berkas berita acara pengesahan oleh Loekman Djoyosoemarto dan Ketua DPRD Lamteng.

(Riz)

Tinggalkan Komentar Anda