DPRD Metro Sayangkan Tindakan Oknum RS Ahmad Yani Metro

907
DPRD Metro Sayangkan Tindakan Onkum RS Ahmad Yani Metro
Ketua DPRD Kota Metro, Anna Morinda saat diwawancarai Sebatin.com di ruang kerjanya, Senin (20/03/2017). Foto: Arby - Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro menyayangkan perlakuan oknum Rumah Sakit Umum Daerah Ahmad Yani (RSUDAY) yang diduga telah melakukan penolakan terhadap calon pasien. Menurutnya tidak ada alasan bagi pihak rumah sakit untuk tidak melayanai pasien dan calon pasien.

Ketua DPRD Kota Metro, Anna Morinda sangat menyayangkan jika hal tersebut benar terjadi di Kota Metro, karena menurutnya pelayanan terhadap masyarakat itu harus diutamakan.

“Kita sangat menyayangkan ya jika memang itu betul terjadi, DPRD sangat menyayangkan, karena apapun alasannya, layanan apalagi itu layanan kesehatan, apalagi itu di UGD, harus ditangani sebagaimana prosedurnya,” ucapnya saat diwawancarai Sebatin.com di ruang kerjanya, Senin (20/03/2017).

Anna mengatakan, Pihaknya akan mengambil langkah guna menyelesaikan persoalan tersebut. Dan dirinya juga berharap, kejadian itu menjadi catatan bagi rumah sakit untuk terus berbenah. Karena pembangunan rumah sakit yang semakin membaik harus diimbangi dengan sumberdaya manusia (SDM) yang baik pula.

“Langkah-langkah yang akan diambil DPRD adalah nanti kami akan sesegera mungkin berkoordinasi dengan komisi dua yang membidangi, sehingga nanti komisi dua dapat melakukan sesuai tugas dan fungsinya. Di sisi lain, kami juga berharap ini menjadi catatan bagi rumah sakit, bahwa kita telah menganggarkan, telah mengambil kebijakan yang sangat besar untuk Rumah Sakit Umum Ahmad Yani, yang tentu pembangunan fisik itu harus diimbangi dengan pembangunan SDM-nya,” kata ketua DPRD Kota Metro.

Dirinya juga mengatakan, tahu persis tentang upaya direktur rumah sakit dalam merubah cara pandang setiap SDM di RSUDAY. Namun dirinya tetap meminta pihak rumah sakit dapat memperbaiki persoalan tersebut.

“Saya tahu persis bagaimana perjuangan direktur rumah sakit untuk merubah paradigma SDM di rumah sakit. Tapi saya ingin sampaikan juga, bahwa beliau tidak bisa sendirian, mudah-mudahan kalau itu benar-benar terjadi, ini hanya satu dari ribuan hal baik yang sudah dicapai pihak rumah sakit. Hal baiknya kita apresiasi, namun karena ini terkait dengan nyawa manusia, tentu nanti kita akan melihat apa yang dapat kita lakukan untuk memperbaikinya,” ucapnya.

DPRD Metro Sayangkan Tindakan Onkum RS Ahmad Yani Metro 2
Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Ahmad Yani Kota Metro, Drg. Endang Nuryati ketika diwawancarai Sebatin.com usai menghadiri rapat paripurna di Kantor DPRD Kota Metro, Senin (20/03/2017). Foto: Arby – Sebatin.com

Sementara itu, Direktur RSUDAY Drg. Endang Nuriyati mengatakan, terkait persoalan dugaan penolakan calon pasien tersebut, pihaknya akan berbenah. Dengan melakukan monitoring, dirinya juga mengklarifikasi terkait persoalan tersebut.

“Tentu kita akan berbenah ya, karena rumah sakit ini juga kan rumah sakit milik masyarakat, saya sih seneng-seneng aja untuk evaluasi, tetep kami ada tim monitoring, kemudian ada tim mutu juga yang diketahui oleh dokter Agung. Jadi, setiap satu bulan sekali ada ronde mutu, gunanya untuk keselamatan pasien. Ada cuma penuh waktu kemarin ya, nanti 2017 mau nambah 12 alat lagi ya. Terimakasih atas evaluasi semuanya, tentunya kita akn terus berbenah diri,” ucapnya saat diwawancarai Sebatin.com usai rapat paripurna di gedung DPRD Kota Metro, Senin (20/03/2017).

(Arby)

Tinggalkan Komentar Anda