DPRD Provinsi Lampung Sahkan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2016

172

Video sebatin.com, Kota Metro – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung menyetujui Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2016, yang kemudian disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda). Persetujuan tersebut disampaikan pada Rapat Paripurna yang diselenggarakan di Ruang Sidang Kantor DPRD Provinsi Lampung, Senin (31/7/2017).

Disampaikan pula pada rapat paripurna tersebut oleh Badan Anggaran Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Provinsi Lampung Tahun Anggaran 2016, yang diwakili oleh saudara Agus BN, terkait angka pertumbuhan ekonomi di Provinsi Lampung yang mencapai 5,15 persen relatif lebih baik dibanding dengan pertumbuhan ekonomi se-Sumatera. Sehingga pertumbuhan ekonomi di Propinsi Lampung berhasil memperoleh peringkat terbaik pertama se-Sumatera dengan menunjukan angka pertumbuhan rata-rata nasional berkisar 5,01 persen.

Selain itu, untuk tingkat inflasi di Provinsi Lampung pada tahun 2016 mencapai nilai 2,75 persen di bawah rata-rata inflasi nasional yang mencapai nilai 3,61 persen. Kemudian untuk jumlah penduduk miskin ditargetkan 13,2 persen hanya dapat dicapai 13,86 persen dengan grafik terus menunjukan tren menurun dari waktu ke waktu. Sedangkan untuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada tahun 2016 mencapai 67,65 persen dengan grafik menunjukkan kecenderungan meningkat dari tahun ke tahun.

Dalam paparannya, Banggar juga menyampaikan sejumlah rekomendasi terkait Organisasi Perangkat Daerah (OPD), untuk lebih aktif lagi dalam melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat sehingga program Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) mendapat dukungan pembiayaan yang memadai. Dan terkait program unggulan Gerbang Desa, Banggar menghimbau kepada seluruh kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) untuk kiranya dapat memberikan dukungan penuh guna mendapatkan hasil dan akselerasi yang lebih optimal lagi. (Lipsus/Adv)

Tinggalkan Komentar Anda