DPRD Sahkan OPD Kota Metro Menjadi 16 Dinas 6 Badan

834
DPRD Sahkan OPD Kota Metro Menjadi 16 Dinas 6 Badan
Sidang Paripurna DPRD Kota Metro, Pengesahaan Perda OPD, Kamis (20/10/2016). Foto : Kominfo Kota Metro

Sebatin.com, Kota Metro – Hasil akhir yang diperoleh Panitia Khusus (Pansus) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ternyata tidak disepakati dalam rapat pleno internal DPRD Kota Metro. Terbukti, dalam rapat paripurna pengesahan perda OPD di Ruang Sidang DPRD setempat, Kamis (20/10/2016) ada penambahan dua (2) dinas yaitu Dinas Lingkungan Hidup (LH) dan Dinas Perdagangan. Sebelumnya Dinas Kawasan Pemukiman dan LH tergabung menjadi satu, kemudian Dinas Koperasi dan UMKM, Perindustrian dan Perdagangan ada dalam satu kesatuan.

Ketua Pansus OPD, Nasrianto Effendi mengatakan, tugas pansus berakhir saat menyampaikan hasil akhir pada rapat pleno internal DPRD. Dimana, komposisi yang disampaikan adalah 14 dinas dan 7 badan. Namun dalam paripurna akhirnya disepakati menjadi 16 dinas dan 6 badan.

“Tapi terjadi beberapa kali perubahan saat pansus mempelajari usulan dari eksekutif. Mulai dari 12 dinas, 13 dinas, hingga terakhir menjadi 14 dinas dan tujuh badan. Kalau ada penambahan dua dinas, itu bukan lagi kewenangan pansus,” terangnya seusai paripurna OPD.

Ia juga menambahkan, penambahan dua dinas tersebut dibawa pada rapat fraksi DPRD. Dimana, dari tujuh fraksi yang hanya fraksi PKS yang memutuskan untuk tidak ikut ambil bagian pada rapat tersebut.

”Menambah dua dinas, yang dibawa pada rapat fraksi. Ada enam fraksi yang ada dirapat itu. Dan Fraksi PKS tidak mengikuti rapat itu,” jelas Nasrianto.

Sebelumnya, 14 dinas yang diusulkan pansus OPD terdiri dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata, Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Dinas Lingkungan Hidup.

Kemudian Dinas Koperasi dan UMKM, Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas sosial, Tenaga Kerja dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, Dinas Penanaman modal dan PTSP, Dinas Perhubungan serta Dinas Komunikasi dan Persandian.

Sementara itu, untuk Badan Daerah di antaranya, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah tipe A, Badan Kepegawaian tipe B, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset tipe B, Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah tipe B. Badan Kesbangpol tipe A, dan Badan Penanggulangan Bencana tipe B dan RS Achmad Yani serta UPT naungan Diskes.

Adapun dalam Perda Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Metro disepakati menjadi 16 dinas dan 6 badan, yaitu :

– Sekretariat Daerah Kota Metro tipe B
– Sekretariat DPRD Kota Metro tipe B
– Inspektorat Daerah Kota Metro tipe B dan
– Satuan Polisi Pamong Praja Kota Metro tipe A.

Kemudian Dinas Daerah Kota Metro, terdiri atas :

– Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tipe A
– Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata tipe B
– Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan tipe A,
– Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan                     dan Perlindungan Anak tipe A
– Dinas Kesehatan tipe B
– Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang tipe B
– Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian tipe B
– Dinas Lingkungan Hidup tipe B
– Dinas Perdagangan tipe C
– Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil tipe B
– Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah tipe B
– Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu tipe B
– Dinas Komunikasi dan Informatika tipe C
– Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Pemberdayaan Masyarakat tipe C
– Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman tipe C dan
– Dinas Perhubungan tipe C.

Untuk Badan Daerah terdiri dari :

– Badan Perencanaan Pembangunan Daerah tipe A
– Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan tipe B
– Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah tipe B
– Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah tipe B
– Badan Kesatuan Bangsa dan Politik tipe A dan
– Badan Penanggulangan Bencana Daerah tipe B

(dra)

Tinggalkan Komentar Anda