Dusun Menur Banjar Rejo Dijadikan Rujukan Kegiatan Kepemudaan

166
Dusun-Menur-Banjar-Rejo-Dijadikan-Rujukan-Kegiatan-Kepemudaan
Camat Batanghari, Rohiman Minggu (03/12/2017) dengan didampingi Babin Kamtibmas, Bripka.Pol. Setiawan, perwakilan Koramil Batanghari, Sertu. Teguh saat koordinasi bersama warga dusun menur. Foto : zie,sebatin.com

Sebatin.com, Lampung Timur – Batanghari berstatus sebagai daerah perbatasan khususnya dengan Kota Metro dengan Desa Banjar Rejo Kecamatan Batanghari notabene juga merupakan pintu gerbang dari dan menuju Kabupaten Lampung Timur.Kondisi tersebut harus diakui menyebabkan masyarakatnya lebih madani dan dinamis perkembangannya sehingga tidak dapat dipungkiri lagi turut menyebabkan upaya menjaga keamanan lingkungan menjadi suatu hal yang bersifat ekstra demi terwujudnya rasa aman dan suasana kondusif.

Camat Batanghari, Rohiman Minggu (03/12/2017) dengan didampingi Babin Kamtibmas, Bripka.Pol. Setiawan, perwakilan Koramil Batanghari, Sertu. Teguh, Sekretaris Desa, Warsino, bersama dengan unsur linmas, polisi pamong praja, serta perangkat desa dan pemuda setempat, melakukan ronda atau sistem keamanan lingkungan (siskamling) di wilayah kerjanya tepatnya di Dusun Menur Desa Banjar Rejo. Sebagai salah satu upaya perwujudannya.

“Saat ini saya minta untuk masalah siskamling lebih ditingkatkan lagi, apalagi dengan kondisi menjelang pelaksanaan Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) tahun ini, guna mencegah hal hal tidak diinginkan atau pihak pihak lain yang berupaya menciptakan situasi yang tidak kondusif,” ujar Rohiman.

Oleh sebab itu dirinya berharap kepada seluruh warga, linmas, dan para pemuda dapat memantau kegiatan yang ada di Banjar Rejo khususnya Dusun Menur ini, dan ia juga meminta agar setiap warga juga mempunyai kentongan sebagai salah satu alat komunikasi keamanan dengan menggunakan kode-kode yang telah disepakati bersama, jelasnya.

Terkait hal itu Joko Nugroho selaku Ketua Forum Pemuda Karya Mandiri (FPKM) yang juga Ketua Pemuda Dusun Menur mengatakan, pemasangan portal tujuannya adalah untuk meminimalisir kejadian kejadian kriminalitas di samping kami secara mandiri aktif dalam melakukan ronda malam, kata Nugroho.

Pada awal pemasangan portal memang ada sebagian warga yang keberatan, namun setelah merasakan dampak baiknya, wargapun akhirnya mendukung, dan saat ini telah ada delapan titik portal, jelas Joko Nugroho.

Terpisah, Mardiyanto salah satu warga setempat menyampaikan apresiasi, dengan adanya siskamling secara rutin dalam beberapa bulan terakhir, dampak yang dirasakan sangat jelas, yakni tingkat kriminalitas menurun drastis dan kami akan dukung terus kegiatan positir tersebut, ujar Mardiyanto.

Selain melakukan siskamling, FKPM juga melakukan kegiatan rutin positif lain berupa gotong royong membersihkan lingkungan dan donor darah. Atas capaian tesebut, beberapa waktu lalu Dusun Menur Desa Banjar Rejo juga telah ditetapkan menjadi daerah dengan Sistem Keamanan Terpadu oleh pihak Polres Lampung Timur, sehingga tak mengherankan bila dalam hal kegiatan kepemudaan menjadi rujukan bagi organisasi kepemudaan lain khususnya diseputaran wilayah Kecamatan Batanghari, ungkapnya.

(Zie)
Editor : Husni Alholik

Tinggalkan Komentar Anda