Ekspedisi NKRI Ajak Para Pelajar di Asmat Untuk Jauhi Narkoba

207
Ekspedisi NKRI Ajak Para Pelajar di Asmat Untuk Jauhi Narkoba

Sebatin.com, Asmat – Tim Pengabdian Masyarakat Ekspedisi NKRI Subkorwil-1/Asmat memberikan penyuluhan bahaya narkoba dan bahaya merokok kepada para generasi muda, di Sekolah Dasar (SD) Inpres Syuru Distrik Agats Kabupaten Asmat, Selasa, (22/8/2017).

Kegiatan diawali dengan pemutaran film animasi tentang bahaya narkoba serta beragam macam bentuk narkoba melalui replika. Hal ini menjadi bagian yang paling menarik dari kegiatan penyuluhan tersebut. Sebanyak 60 orang pelajar, dengan sangat antusias memperhatikan dengan seksama jalan cerita dari film tersebut. Dan acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Dansubkorwil-1/Asmat Mayor Inf Febi Adrianto, dalam penjelasannya juga mengatakan, bahwa tujuan dari peredaran narkoba tidak lain adalah untuk menghancurkan generasi bangsa, sehingga kita tidak lagi menjadi bangsa yang kuat.

“Pada awalnya, pelajar yang mengonsumsi narkoba biasanya diawali dengan perkenalannya dengan rokok, penyalahgunaan narkoba terhadap anak, remaja, dan pelajar biasanya ditandai dengan adanya perubahan sikap, antaralain sering membolos, menurunnya disiplinan dan nilai-nilai pelajaran, mudah tersinggung dan cepat marah, sering mengantuk serta tidak mempedulikan kesehatan diri. Dan akhirnya jadi bodoh akibat kecanduan dan ketergantungan narkoba. Akibatnya bisa menghancurkan semuanya, baik pendidikan, keluarga bahkan harta juga akan habis dan yang lebih parah lagi tingkat kejahatan akan semakin bertambah”, jelasnya.

Lanjutnya, bahwa dengan sosialisasi atau penyuluhan tentang bahaya narkoba adalah sebuah upaya untuk dapat mencegah dan memperbaiki prilaku, yakni pada tingkat sebelum seseorang menggunakan narkoba, agar mampu menghindar dari penyalahgunaannya.

“Upaya ini diharapkan efektif karena ditujukan pada mereka yang belum pernah menggunakan”, terangnya.

Dijelaskan pula, bahwa Ekspedisi NKRI adalah merupakan wujud sinergitas dari kementerian / lembaga TNI / Polri, pemerintah daerah, kalangan pendidik dari perguruan tinggi, mahasiswa, para pencinta alam, organisasi kepemudaan, pramuka dan didukung masyarakat setempat, yang dikoordinasikan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan untuk membangun Indonesia. Dan mengajak generasi muda untuk lebih mau peduli dan melestarikan alam Indonesia.

(Rls. Lettu Inf Siswari)

Tinggalkan Komentar Anda