Empat Kegiatan Bermanfaat Untuk Mengisi Waktu Luang

376
Empat Kegiatan Bermanfaat Untuk Mengisi Waktu Luang
(Ilustrasi)

Sebatin.com – Bangsa yang maju adalah bangsa yang rajin, ulet, dan tidak mudah menyerah. Kata orang-orang Barat: time is money, waktu adalah uang. Secara tersirat kalimat ini mengatakan kalau kita harus produktif. Tidak boleh malas dan menyia-nyiakan waktu luang. Sebab hanya orang-orang yang tak berpikir yang mau menyia-nyiakan waktunya terbuang percuma.

Bagi kalian yang memiliki waktu luang dan belum mengetahui kegiatan apa yang sebaiknya dilakukan untuk mengisi waktu luang tersebut, mungkin empat kegiatan di bawah ini bisa menjadi pilihan kalian.

1. Menulis

Sejak dulu hingga saat ini, menulis selalu menjadi momok di masyarakat sebagai kegiatan yang membosankan sebab sulit untuk dilakukan. Seperti apa yang kita ketahui, menulis memang berbanding lurus dengan membaca. Jadi, jelas bila masyarakat ini sulit dalam menulis, sebab jarang dan malas untuk membaca.

Menulis adalah salah satu cara yang bisa kita pilih untuk mengeluarkan unek-unek yang ada di benak kita. Bisa dituangkan ke dalam tulisan fiksi ataupun non fiksi. Terkadang, curhat kepada orang-orang bukan mengurangi beban kita, justru menambahi. Sedangkan dengan menulis, manfaatnya bukan hanya tempat untuk menyalurkan unek-unek kita, tetapi banyak sekali. Di antara manfaat-manfaat itu ialah mengasah otak untuk terus berpikir, menjadi kreatif, peka terhadap lingkungan, menjadi orang yang kritis, dan lain-lain. Bahkan, bila tulisan kita bagus dan kita kirim ke suatu media, baik itu media cetak maupun elektronik, kita bisa mendapatkan honorarium.

Sedikit menyitir kalimatnya Imam Syafi’i, “Ikatlah ilmu dengan menuliskannya!”

2. Menggambar atau melukis

Kegiatan mengasyikan yang sejak duduk di bangku sekolah dasar telah kita lakukan ini benar-benar bisa menjadi pilihan untuk kalian yang malas berpikir lebih dalam seperti halnya menulis. Namun, perlu diingat, menulis dan melukis itu adalah seni. Dan seni adalah suatu kegiataan yang tidak mudah untuk dilakukan.

Bila kita tak memiliki perlengkapan yang komplit untuk melukis, maka kita bisa menggambar yang bahkan hanya dengan menggunakan sebuah pensil dan selembar kertas pun kita sudah bisa melakukannya.

Seandainya kalian ingin serius untuk mendalami bidang melukis ini, maka kalian tidak salah pilih. Bidang melukis ini adalah bidang yang cukup menjanjikan, sebab belum banyak orang-orang di Indonesia yang benar-benar menekuninya. Baru segelintir orang. Oleh sebab itu orang-orang yang hanya segelintir itu bisa mendapatkan penghasilan yang cukup banyak dari hasil karyanya. Tidak sedikit perusahaan-perusahaan, café-café, taman terbuka, dan lainnya yang meminta pelukis-pelukis ini untuk menorehkan kuasnya.

3. Menjahit

Di zaman sekarang, tidak sedikit pekerjaan Kaum Hawa yang ditekuni oleh Kaum Adam. Begitu juga sebaliknya. Saat ini, fashion tidak hanya menjadi suatu kebutuhan bagi Kaum Hawa saja, namun juga sudah menjadi suatu kebutuhan bagi Kaum Adam.

Sebagai manusia abad ke-20, kita harus produktif dan meninggalkan sifat konsumtif. Salah satunya bisa dilakukan dengan menjahit, membuat pakaian sendiri. Kalaupun kita belum bisa membuat pakaian sendiri, maka setidaknya kita bisa memperbaiki pakaian kita yang rusak, seperti bolong, putus kancing, rusak restleting, dan lainnya.

Bidang jahit-menjahit ini juga layak untuk diseriusi menjadi usaha bila kita mau. Keuntungan yang akan kita dapatkan juga bisa relatif cukup banyak. Masih sangat luas pasarnya, kita hanya perlu inovasi atau sebuah kebaruan.

4. Berkebun

Berkebun pun bisa menjadi pilihan. Kita akan mendapatkan rasa bahagia yang tidak bisa dihargai dengan uang saat menyantap makanan yang asalnya dari kebun kita sendiri. Selain itu, berkebun juga bisa mendatangkan keringat, sehingga bisa dikatakan salah satu cara untuk membuat tubuh bugar dengan tanpa melakukan olah raga secara khusus, di waktu yang khusus pula. Jadi, selain kita bisa produktif, kita pun sekalian olah raga.

Berkebun pun jika ingin kita seriusi, maka tentu saja sangat bisa mendatangkan penghasilan. Bisa dilihat dari tanah Indonesia yang luas dan subur, yang pasarnya masih sangat besar dan tidak menutup kemungkinan untuk mengekspor.

Empat kegiatan di atas bisa kalian pilih salah satunya untuk mengisi waktu luang. Kita harus ingat, istrahat ataupun tidur itu memang baik. Namun, apabila terlalu banyak melakukannya, maka hampir bisa dipastikan kita akan mengalami kerugiaan di kemudian hari. Tidak ada keuntungan yang bisa diambil kecuali melemaskan syaraf-syaraf dan otot-otot kita dari melakukan tidur. (Al Hadeed)

Tinggalkan Komentar Anda