Empat Tempat Wisata Andalan Provinsi Bengkulu

480
Empat Tempat Wisata Andalan Provinsi Bengkulu
Sebuah Delman tengah berkeliling di Pantai Panjang Bengkulu. Foto: Arifan - Sebatin.com

Sebatin.com, Bengkulu – Bengkulu, sebuah Provinsi di Barat Daya Pulau Sumatera. Selama ini Bengkulu seperti diam, tak banyak suara. Namun, beberapa tahun belakangan, Bengkulu telah dan masih akan terus berbenah menjadi Provinsi maju. Tak disangka, ternyata Bengkulu memiliki beberapa tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi. Bukan hanya pariwisata bahari, tapi juga di sana ada tempat-tempat wisata yang bernilai religius dan bahkan sejarah ratusan tahun yang lalu.

1. Pantai Panjang Bengkulu

Empat Tempat Wisata Andalan Provinsi Bengkulu 2
Pantai Panjang Bengkulu. Foto: Arifan – Sebatin.com

Pantai Panjang ini memiliki pasir putih dan ombak yang cukup besar. Pantai ini bahkan disebut-sebut sebagai Gold Coast-nya Indonesia. Pantai ini adalah primadonanya pariwisata Bengkulu. Setiap wisatawan yang berkunjung ke Bengkulu, pasti menyempatkan diri untuk melihat pantai yang sungguh cantik ini. Pantai ini pun didukung oleh berbagai fasilitas yang bisa amat sangat memuaskan para pengunjungnya. Sehingga, tak heran kalau pantai ini menjadi tempat hang out-nya muda-mudi Bengkulu. Sesungguhnya tak hanya Pantai Panjang saja, Provinsi Bengkulu memiliki begitu banyak pantai-pantai yang cantik luar biasa. bahkan bisa dikatakan sekelas Pantai Kuta, Pantai Sanur, Pantai Pink, dan pantai-pantai lainnya. Namun, pantai-pantai tersebut letaknya cukup jauh dari Kota Bengkulu. Sehingga, belum banyak para wisatawan yang mengenal pantai-pantai tersebut.

2. Rumah Pengasingan Bung Karno

Empat Tempat Wisata Andalan Provinsi Bengkulu 3
Rumah Pengasingan Bung Karno. Foto: Cagar Budaya Jambi

Sebagaimana yang kita tahu, Bung Karno sempat diasingkan ke Bengkulu. Selama di Bengkulu, Bung Karno tinggal di rumah ini. Banyak sekali yang bisa kita temui di rumah ini, seperti buku-buku Soekarno yang begitu banyak, sepeda tua miliknya, kursi beserta mejanya, tempat tidurnya, dan lain-lain. Artinya, dengan mengunjungi rumah ini kita tak hanya sekadar berwisata, tapi juga belajar sejarah. Atau bisa juga disebut sebagai wisata sejarah. Bung Karno, jelas adalah salah satu tokoh yang sangat kita kagumi, maka dengan mengunjungi rumah pengasingannya ini dapat membuat kita lebih mengenal sosok Presiden pertama kita tersebut.

3. Benteng Marlbourough

Empat Tempat Wisata Andalan Provinsi Bengkulu 4
Benteng Marlbourough Bengkulu. Foto: Al Hadeed – Sebatin.com

Benteng ini adalah benteng peninggalan Kerajaan Inggris saat mereka menduduki Bengkulu ratusan tahun yang lalu. Benteng ini disebut-sebut sebagai benteng terkuat di Asia Tenggara. Di benteng ini, pengunjung dapat melihat ruang-ruang penjara, tank-tank, ruang bawah tanah, lukisan-lukisan kompeni Inggris zaman dahulu, dan lain-lain. Pengunjung dapat naik ke atas benteng, di mana dari atas tersebut pengunjung bisa melihat lautan yang begitu luas. Jelas, sebab benteng ini dibangun di dekat Pantai Paderi. Melihat laut lepas yang begitu biru dan luas akan membuat siapa saja enggan untuk turun.

4. Masjid Jamik Bengkulu

Empat Tempat Wisata Andalan Provinsi Bengkulu 5
Masjid Jamik Bengkulu. Foto: Ist

Masjid Jamik yang ada di Bengkulu ini pun ada kaitannya dengan Presiden Pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Dulu di saat Bung Karno sedang diasingkan di Bengkulu, Masjid Jamik ini sedang dalam tahap renovasi. Sebagaimana yang kita ketahui kalau Bung Karno adalah anak teknik dari ITB, maka ia membantu mendesain ulang masjid ini. Sampai sekarang, desain Masjid Jamik ini tidak diganggu sedikitpun. Kalaupun perlu diperbaiki hanya seperlunya saja, tidak mengubah desain pokok Bung Karno tersebut. Masjid ini tetap dipakai sehari-hari, meski ukurannya kecil namun masjid ini selalu ramai didatangi orang-orang untuk beribadah. (Al Hadeed)

Tinggalkan Komentar Anda