Festival Kuda Lumping, Menjadi Tempat Wisata Di Kabupaten Pringsewu

230
Bupati Hi. Suka di pada acara festival kuda lumping se-Kabupaten Pringsewu. Foto : Sebatin.com.
Bupati Hi. Sujadi pada acara festival kuda lumping se-Kabupaten Pringsewu. Foto : Sebatin.com.

Sebatin.com Pringsewu – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pringsewu mengadakan acara festival kuda lumping, kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Pringsewu Hi.Sujadi, bertempat dilapangan sepak bola Kecamatan Banyumas, Senin (28/8/2017).

Hadir pada acara tersebut, Ketua Dprd Pringsewu Hi.Ilyasa, Kadisdikbud Drs.Tri Prawoto, Camat se Kabupaten Pringsewu, Kapolsek Sukoharjo AKP Wahidin, Danramil Sukoharjo Kapten Yudi Nugroho Kepala Pekon se Kecamatan Banyumas serta masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Bupati Sujadi mengatakan alasan festival kuda lumping ini dilakukan, karena kuda lumping memiliki falsafah yang tinggi dimana seorang manusia dapat mengendalikan seekor kuda, padahal kuda sendiri bukan golongan manusia.

“Jika seorang manusia sudah bisa mengendalikan seekor kuda ,mudah mudahan manusia itu sendiri bisa mengendalikan hawa nafsunya juga, agar bisa selamat di dunia dan aherat,” ujarnya.

Sementara Kadisdikbud Drs. Tri Prawoto mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan suatu bentuk upaya Pemerintah dalam pengembangan dan pelestarian adat dan kebudayaan yang ada di Kabupaten Pringsewu.

Lalu lanjutnya, festival ini bertujuan untuk Mengembangkan potensi seni budaya yang ada dalam mencari bibit baru guna melestarikan budaya serta salah satu upaya untuk menyalurkan bakat serta menjadikan Kabupaten Pringsewu menjadi tempat tujuan wisata.

“festival yang diselenggarakan selama dua hari ini diikuti oleh para pelajar dan masyarakat umum yang berjumlah 30 group kuda lumping
dari berbagai ciri khas seninya,” kata Drs. Tri Prawoto.

(S04)

Tinggalkan Komentar Anda