Festival Tanam Mangrove Salah Satu Upaya Chusnunia Chalim Promosikan Wisata di Lampung Timur

339
Festival-Tanam-Mangrove-Salah-Satu-Upaya-Chusnunia-Chalim-Promosikan-Wisata-di-Lampung-Timur
Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim bersama masyarakat dan anggota TNI dari Komando Distrik Militer (KODIM) 0411 Lampung Tengah, saat ,melaksanakan penanaman bibit pohon mangrove dalam acara Festival Tanam Mangrove di Desa Purworejo Kecamatan Pasir Sakti, Selasa (10/10/2017). Foto : Zie Sebatin.com

Sebatin.com, Pasir Sakti – Bupati Lampung Timur, Chusnunia Chalim didampingi Wakil Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari melaksanakan penanaman bibit mangrove pada Festival Tanam Mangrove (Magrove Replant Festival) yang mengangkat tema “Selamatkan Hutan Magrove Demi Menyelamatkan Tanah Tempat Berpijak”, di Desa Purworejo Kecamatan Pasir Sakti, Selasa (10/10/2017).

Pembukaan festival yang ditandai dengan penanaman 10.000 bibit pohon mangrove tersebut dihadiri pula oleh Perwira Penghubung Kodim 0411/LT, Mayor Inf. Joko Subroto, Ketua Penggerak PKK Lampung Timur, Puteri Ernawati, Forkopimda dan Forkopimcam Kabupaten Lampung Timur.

Selain ditujukan guna mempromosikan objek dan daya tarik wisata di wilayah Kabupaten Lampung Timur, Festival Tanam Mangrove juga dilaksanakan dengan tujuan memberikan dukungan atas program pemerintah tentang upaya penyelamatan bumi dari pemanasan dunia (Global Warming), pencegahan terjadinya erosi/abrasi pantai dan juga sebagai tempat perlindungan bagi biota laut.

Disampaikan oleh Chusnunia, bahwa menanam mangrove di Kabupaten Lampung Timur bukanlah hal baru, dan dilaksanakannya Mangrove Replant Festival adalah lebih kepada sebagai upaya menyemangati warga untuk turut menjaga lingkungan.

“Sebenarnya bukan soal angka sepuluh ribu atau kurang lebihnya, tetapi lebih kepada keinginan kita untuk terus dan menerus, secara berkelanjutan untuk menjaga lingkungan kita, ekosistem kita, terutama untuk di daerah dengan abrasi pantai seperti Pasir Sakti ini. Sebenarnya pemerintah mengadakan acara seperti ini atau tidak, warga sudah sangat semangat untuk melakukannya, tapi kita ini sifatnya lebih menyemangati warga lagi”, ucap Bupati Lampung Timur.

Pada kesempatan yang sama, Chusnunia juga menyampaikan harapannya, agar hutan mangrove di Pasir Sakti kedepannya dapat menjadi objek wisata yang lebih mampu menarik minat pengunjung seperti yang ada di Kecamatan Labuhan Maringgai.

Dalam pelaksanaan kegiatan Festival Tanam Mangrove tersebut, juga melibatkan berbagai pihak antara lain pelajar/mahasiswa, anggota TNI dari Komando Distrik Militer (KODIM) 0411 Lampung Tengah, Polres Lampung Timur, Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kabupaten Lampung Timur dan seluruh warga khususnya warga Desa Puworejo serta warga Kecamatan Pasir Sakti.

Pada gelaran Festival Tanam Mangrove 2017 juga dimeriahkan dengan berbagai hiburan rakyat seperti organ tunggal, kuda lumping, pameran motor CB Club Lampung, tumpeng raksasa dan kegiatan donor dari yang dikomandoi oleh PMI Kabupaten Lampung Timur.

(Zie)
Editor : Embun

Tinggalkan Komentar Anda