FKPPI Kota Metro Siap Wujudkan Swasembada Buah di Tanah Bumi Sai Wawai

44
FKPPI-Kota-Metro-Siap-Wujudkan-Swasembada-Buah-di-Tanah-Bumi-Sai-Wawai-00
Penanaman Pohon Kelengkeng secara simbolis, sebagai bentuk dimulainya pelaksanaan program Titip Tanam Pohon Kelengkeng, yang merupakan gebrakan dari FKPPI Kota Metro, di Kecamatan Metro Barat dan Metro Pusat, Kamis (08/02/2018). Foto : Ade Embun

Sebatin.com, Kota Metro – “Saya bersyukur, Alhamdulillah sekali, salah satu kelompok tani di Kota Metro, yang berasal dari Kelurahan Mulyosari, Kecamatan Metro Barat, dan anggotanya sebagian besar terdiri dari anak-anak FKPPI, berhasil mendapatkan bantuan dan kepercayaan dari Kementerian Pertanian, untuk membangun suatu tempat guna melaksanakan Unit Pengolahan Pupuk Organik (UPPO)”.

Hal tersebut di ucapkan Ketua Pengurus Cabang (PC) 0808 FKPPI Kota Metro, Andy Roby, saat memberikan sambutan dalam acara Pelantikan Ketua dan Pengurus FKPPI Rayon 0808-04 Metro Barat, dan 0808-05 Metro Pusat, Masa Bakti 2018-2023, di halaman Sekretariat Pengurus FKPPI Rayon 0808-04 FKPPI Metro Barat, yang bertempat di Jalan Nusantara, RT 11 RW 03, Kelurahan Mulyosari, Kecamatan Metro Barat, Kamis (08/02/2018).

Menurutnya, keberhasilan tersebut merupakan sebuah bentuk nyata, dari kinerja positif teman-teman FKPPI Kota Metro, terkait bantuan tersebut tidaklah mudah untuk bisa diraih.

FKPPI-Kota-Metro-Siap-Wujudkan-Swasembada-Buah-di-Tanah-Bumi-Sai-Wawai-03
Ketua Pengurus Cabang (PC) 0808 FKPPI Kota Metro, Andy Roby, saat melantik Ketua dan Pengurus FKPPI Rayon Metro Barat dan Metro Pusat, Kamis (08/02/2018). Foto : Ade Embun

“Merupakan prestasi besar menurut saya, dan harus diingat, dana bersumber dari pemerintah pusat, dan bukan suatu hal yang mudah. Teman-teman harus bangga, ada 9 kelompok tani di Mulyosari ini, tapi cuma kita yang bisa berhasil meraihnya”, ungkap Andy Roby.

Kedepan, terang Andy Roby, melalui informasi yang didapat melalui website Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), pertanian Indonesia akan mengurangi ketergantungannya dengan penggunaan pupuk kimia, dan akan berupaya beralih kepada penggunaan pupuk organik. Selain itu, Bappenas juga sedang berupaya menggalakkan program Swasembada Buah.

“Dari semenjak saya jadi Ketua FKPPI Kota Metro, sudah ditekankan, sudah di agendakan, dan sudah dilaksanakan, program pola titip tanam pohon kelengkeng. Ini harus di-connecting-kan (dihubungkan, red), untuk mencapai pondasi ekonomi yang kuat, kita harus ikut program tersebut. Kita akan buat Kota Metro ini menjadi kota penghasil buah, salah satunya kota penghasil kelengkeng, ini sesuai dengan program Bappenas 2018-2035, yang akan mewujudkan Swasembada Buah di Indonesia”, terang Andi Roby.

FKPPI-Kota-Metro-Siap-Wujudkan-Swasembada-Buah-di-Tanah-Bumi-Sai-Wawai-02
(kiri) Bhabinkamtibmas Polsek Metro Barat, Danramil 0411-25 Metro Barat, Ketua Pengurus Cabang (PC) 0808 FKPPI Kota Metro, Lurah Mulyosari Kecamatan Metro Barat. Foto : Ade Embun

Sebelumnya, Ketua Terpilih FKPPI Rayon 0808-04 Metro Barat, Zainuddin, didampingi Ketua Terpilih FKKPI Rayon 0808-05 Metro Pusat, Redhi Yudhawan, mengatakan, sebagai bentuk kerja nyata dari para pengurus dan anggota FKKPI Rayon 0808-05 Metro Barat dan Rayon 0808-05 Metro Pusat, akan berupaya memperlebar lagi jangkauan dari program kerja PC FKPPI Kota Metro, dengan melaksanakan Program Titip Tanam Pohon Kelengkeng, di wilayahnya masing-masing.

“Setiap keluarga di wilayah Metro Barat dan Metro Pusat, akan dititipkan sebanyak dua batang pohon kelengkeng, untuk di tanam di pekarangan rumah masing-masing, yang hasilnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat itu sendiri, namun secara pengelolaan akan dilaksanakan oleh FKPPI 0808 Kota Metro”, jelasnya.

FKPPI-Kota-Metro-Siap-Wujudkan-Swasembada-Buah-di-Tanah-Bumi-Sai-Wawai-04
Ketua dan Sekretaris Rayon Metro Barat dan Metro Pusat Terpilih, Masa Bakti 2018-2023. Foto : Ade Embun

“Dengan berjalannya program tersebut, harapannya dalam 2-3 tahun kedepan Kota Metro akan menjadi sentra Kota Buah Kelengkeng, dan tidak menutup kemungkinan, buah kelengkeng akan menjadi icon dari Kota Metro”, tutupnya.

Usai pelantikan, acara diteruskan dengan pelaksanaan penanaman pohon kelengkeng secara simbolis, yang diteruskan dengan kegiatan ramah tamah antar sesama anggota FKPPI, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Lurah setempat.

(Ade)
Editor : Ade Embun

Tinggalkan Komentar Anda