Gaji Januari Belum Cair, PNS Metro Galau

741
Gaji Januari Belum Cair, PNS Metro Galau
(Ilustrasi)

Sebatin.com, Kota Metro – Sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kota (Pemkot) Metro mempertanyakan belum cairnya gaji Januari 2017. Pasalnya, gaji yang biasanya dibayarkan pada hari pertama pada setiap bulannya, tetapi masih belum jelas kapan bisa dicairkan.

Salah satunya Ad, salah seorang PNS Metro. Ia mengaku, sudah lima hari menantikan gaji, tapi belum juga jelas. Dirinya berharap, bisa segera dicairkan. Karena kebutuhan awal tahun cukup besar dan banyak.

“Saya ini golongan kecil. Jadi sangat butuh sekali. SK sudah digadai di bank. Gaji sudah enggak utuh. Tapi tetap sangat butuh. Saya tanya teman-teman belum ada yang tahu kapan cairnya,” ungkap pria yang tidak ingin disebutkan identitasnya tersebut, Rabu (4/1/2016).

Hal senada juga diungkapkan Ha. Dirinya mengaku menantikan cairnya gaji untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Istri di rumah nggak kerja. Jadi memang kita butuh sekali,” tandasnya.

Menanggapi hal itu, Asisten II Pemkot Metro Prayetno menjelaskan, pencairan gaji akan segera dilakukan setelah serah terima jabatan (sertijab). Namun, karena sejumlah struktur organisasi baru dilantik kemarin, sehingga terjadi perubahan.

“Termasuk saya kan baru juga dilantik. Yang pasti secepatnya, karena kita juga paham. Untuk uangnya sudah ada. Itu sekitar Rp 20 miliar lebih,” ujar Prayetno yang sebelumnya menjabat Kepala BPKAD Metro.

Ia pun meminta para pegawai setempat untuk bersabar dan dapat memaklumi keterlambatan pembayaran gaji, karena masalah administrasi.

“Yang pasti setelah sertijab,” imbuhnya.

Sementara itu, DPRD Kota Metro meminta pemerintah tidak perlu ragu-ragu untuk mencairkan gaji pegawai. Sepanjang proses pencairan tidak menyalahi ketentuan.

“Kalau duitnya memang sudah ada, seharusnya bisa dicairkan oleh pejabat yang lama. Soal pergantian, itu nanti dipertanggungjawabkan dengan yang baru,” ujar anggota Komisi II Ridhuwan Sory Maoen.

Menurutnya, sebelum serah terima jabatan (sertijab), pejabat lama masih bertanggung jawab dengan tugas yang lama. Artinya, tidak masalah jika gaji dicairkan, meski nanti menjadi tanggung jawab pejabat yang baru.

“Tapi prosesnya bisa pada pejabat yang lama. Lagian itu bukan bayar gaji fiktif. Gaji itu kan hak. Ini awal tahun, kasihan pegawai, terutama bagi golongan bawah. Mereka pasti sangat membutuhkan. Jadi jangan ragu-ragu,” tandasnya.

(Hendra)

Tinggalkan Komentar Anda