Gali Pemahaman Berpolitik, IAIN Jurai Siwo Metro Kunjungi DPRD

660
Gali Pemahaman Berpolitik, IAIN Jurai Siwo Metro Kunjungi DPRD
Mahasiswa IAIN Jurai Siwo Metro Lampung berfoto bersama Ketua dan beberapa anggota DPRD Kota Metro, di Teras Gedung DPRD Kota Metro, Kamis (03/11/2016). Foto : Ade Embun - Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Mahasiswa Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Jurai Siwo Metro Lampung Fakultas Syariah mengunjungi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro, Kamis (3/11/2016). Kunjungan ini, dalam rangka berdiskusi guna menambah wawasan tentang pemahaman politik secara langsung terkait tugas wakil rakyat.

Dosen Fakultas Syariah IAIN Jurai Siwo Metro Lampung Hasanudin Muhammad menjelaskan, kunjungan tersebut sebagai pembelajaran bagi mahasiswa untuk dapat memahami tentang proses politik di DPRD Kota Metro didalam penyusunan Peraturan Daerah (Perda).

”Tadi diskusi panjang dan menarik tentang bagaimana kinerja anggota dewan, mereka juga tidak menutup diri bahwa dalam penyusunan Perda pasti ada kepentingan politik. Namun konsistensi anggota dewan itu sendiri tetap berpihak kepada rakyat. Diskusi tadi mengungkap itu,” jelasnya.

Kemudian, lanjutnya, para wakil rakyat tersebut juga mengeksplor bagaimana pembentukan Perda dari awal sampai akhir. Itu, untuk mendekatkan mahasiswa dengan birokrat karena mahasiswa itu harus tau realisasi kinerja di DPRD.

”Mereka juga harus tahu kontestasi politik di DPRD itu bagaimana, tarik ulur kepentingannya bagaiamana. Itu yang saya ingin teman-teman mahasiswa fahami,” lanjutnya.

Menurutnya, mahasiswa harus berfikir cerdas dan juga kritis. Bagaimana, saat ini fenomenanya mahasiswa berdemo. Tetapi, lebih baik dilakukan diskusi terlebih dahulu, karena melalui diskusi itulah mahasiwa bisa menginisiasi dan memberikan gagasan mereka kepada wakil rakyat.

”Demo itu bagus sebenarnya, tetapi harus punya jalan yang lebih baik. Diskusi itukan langkah awal sebenarnya bagaimana teman-teman mahasiswa punya kesempatan menginisisasi dan memberi gagasan kepada anggota dewan dan pemerintah daerah. Boleh berdemo, tapi demo itukan jalan terakhir ketika diskusi itu berlangsung alot atau tidak menyelesaikan masalah. Nah kita juga mengajak teman-teman yok kita duduk bareng saja. Itu lebih elegan dan akedemis,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Metro Anna Morinda menyabut baik kunjungan mahasiswa IAIN Jurai Siwo Metro Lampung khususnya Fakultas Syariah. Menurutnya, dengan kunjungan dan diskusi ini mereka bisa membandingkan antara tugas dan kinerja Dewan di lapangan dengan ilmu yang mereka dapat didalam universitas.

“Hari ini terbuka paradigma mereka (mahasiswa), mereka jadi tau bahwa perguruan tinggi itu bisa terlibat dan berperan serta dalam pembentukan Perda, Hari ini mereka juga sedikit berdiskusi tentang masih kurangnya budaya minat membaca buku dalam masyarakat kita.Dengan berdiskusi ini saya kira banyak hal yang bisa kita (Dewan) gali dari mereka (Mahasiswa) dan bagi mereka juga banyak yang bisa dipelajari dari kami,” katanya.

Dirinya berharap, para mahasiswa di Kota Metro tidak hanya menjadi pemikir tetapi juga dapat menjadi penggerak dalam segala hal. Ditambahkan, berdemo dengan cara berdiskusi harapannya akan lebih baik hasilnya. Dimana, dengan berdiskusi selain mereka semua bisa bicara, mereka bisa mendapatkan ilmu yang banyak.

”Sebenarnya ini adalah penyaluran aspirasi yang keren dan new banget ini keren banget. Ini jurusan Syariah keren banget, mereka menyampaikan aspirasi, mereka juga mendapatkan ilmu disini dengan cara yang lebih elegan,” tutupnya

(Ade Embun / Hendra)

Tinggalkan Komentar Anda