Gelar Bursa Inovasi Desa, Provinsi Lampung Menjadi Pioner di Indonesia

426
Gelar-Bursa-Inovasi-Desa-01
Wakil Gubernur Lampung, Bachtiar Basri di dampingi Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur usai pemberian hadiah kepada para pemenang Desa, Kelurahan dan BUMDes terbaik di Provinsi Lampung dalam acara Bursa Inovasi Desa di Lapangan Desa Pekalongan, Kecamatan Pekalongan, Lampung Timur, Kamis (26/10/2017). Foto : Iwan

Sebatin.com, Lampung Timur – Konsisten dalam hal memajukan desa, melalui Gerakan Membangun Desa Sai Bumi Ruwai Jurai (Gerbang Desa Saburai), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung membuat terobosan dengan menggelar Promosi Pembangunan Desa dan Bursa Inovasi Desa di Lapangan Desa Pekalongan, Kecamatan Pekalongan, Lampung Timur, Kamis (26/10/2017).

Wakil Gubernur Lampung, Bachtiar Basri, saat membuka acara tersebut mengatakan, bahwa sejak bergulir di 100 desa pada tahun 2016, Gerbang Desa Saburai membidik sebanyak 250 desa di tahun 2017 dan ditargetkan sebanyak 380 desa dapat terangkat dari status tertinggal pada tahun 2018, dengan kucuran dana sebanyak 240 juta rupiah per setiap desa.

“Promosi Pembangunan Desa dan Bursa Inovasi Desa ini merupakan kegiatan pertama kali yang dilaksanakan di Indonesia sebagai niat baik Gubernur Lampung Ridho Ficardo untuk membangun Lampung semakin terdepan.Dan untuk memajukan desa, kuncinya adalah inovasi dan kesinergian pihak terkait ditambah kerja nyata. Saya berharap acara ini mampu terus dilakukan, sehingga mimpi untuk mewujudkan desa maju dan masyarakat sejahtera dapat terwujud”, kata Wagub.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Lampung, Yuda Setiawan, menerangan, bahwa Lampung selama dua tahun berturut-turut berhasil meraih juara Lomba Desa Nasional.

“Semoga yang ketiga kalinya berasal dari Lampung Timur”, ujar Yuda Setiawan.

Gelar-Bursa-Inovasi-Desa-02
Wakil Gubernur Lampung, Bachtiar Basri bersama Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim saat meninjau stand peserta Promosi Pembangunan Desa dan Bursa Inovasi Desa di Lapangan Desa Pekalongan, Kecamatan Pekalongan, Lampung Timur, Kamis (26/10/2017). Foto : Iwan

Di akhir kegiatan, sebagai bentuk apresiasi atas pembangunan desa, Pemerintah Provinsi Lampung memberikan hadiah kepada desa-desa terbaik di Provinsi Lampung, diantaranya Juara I berhasil di raih oleh Desa Gunung Rejo, Pesawaran, dengan hadiah sebesar 75 juta rupiah, Juara II berhasil di raih oleh Pekon Gisting Bawah, Pesawaran, dengan hadiah sebesar 50 juta rupiah, dan Juara III berhasil di raih oleh Desa Sido Asih, Kabupaten Lampung Selatan, dengan hadiah sebesar 35 juta rupiah.

Sedangkan untuk beberapa prestasi kelurahan terbaik berhasil diraih oleh antara lain, Juara I dari Kelurahan Iring Mulyo, Kota Metro, dengan hadiah sebesar 70 juta rupiah, Juara II dari Kelurahan Fajar Esuk, Kabupaten Pringsewu, dengan hadiah sebesar 50 juta rupiah, dan Juara III dari Kelurahan Gunung Terang, Bandar Lampung, dengan hadiah sebesar 35 uta rupiah

Kemudian,pihak panitia juga memberikan penghargaan kepada beberapa Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) terbaik, antara lain yaitu, Juara I berhasil di raih oleh BUMDes Tunas Jaya I, Kabupaten Pesawaran, dengan hadiah sebesar 11 juta rupiah, Juara II di raih BUMDes Tarahan Berkarya, Kabupaten Lampung Selatan, dengan hadiah sebesar 9 juta rupiah, dan Juara III diraih BUMDes Hagon Jejama, Kabupaten Tanggamus, dengan hadiah sebesar 6 juta rupiah.

(rls/red)

Tinggalkan Komentar Anda