Ginjal Oh Ginjal

226
Ginjal Oh Ginjal
(Ilustrasi)

Sebatin.com – Beberapa waktu belakangan ini kita sering melihat berita tentang selebritis yang mengalami penyakit ginjal, terutama gagal ginjal. Sebut saja dari Eko DJ, Abdee Negara, dan yang terakhir adalah Oon Project Pop. Melihat keadaan mereka yang telah di vonis gagal ginjal sedikit terenyuh. Badan kurus, kulit yang menghitam, bahkan Oon Project Pop beberapa bagian tubuhnya bengkak karena penimbunan cairan. Akhirnya personil Project Pop tersebut hanya bertahan beberapa bulan sampai akhirnya menghembuskan napas terakhir.

Sebenarnya apa sih gagal ginjal? Apa yang terjadi jika ginjal kita telah gagal bekerja? Tapi yang terpenting adalah bagaimana cara agar kita bisa menjaga kesehatan ginjal ya, Sobat.

Gagal Ginjal merupakan suatu kondisi di mana fungsi organ ginjal mengalami penurunan sampai akhirnya tidak mampu lagi melakukan tugasnya, seperti mengeluarkan zat toksin/racun, mempertahankan kadar cairan tubuh dan elektrolit, mengekskresikan produk akhir nitrogen dari metabolisme protein (terutama urea, asam urat dan kreatinin), mensintesis dan mengaktifkan beberapa hormon, dan mengatur keseimbangan air, garam/elektrolit, asam /basa.

Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi jika ginjal tidak bekerja secara optimal. Tubuh kita akan kelebihan cairan dan elektrolit, tidak dapat mengeluarkan racun, beberapa hormon tidak dapat disintesis, dan metabolisme tubuh juga pasti akan terganggu. Seram juga ya kalau ginjal kita mogok kerja?

Daripada seram dan takut mending kita jaga ginjal kita sejak dini. Bagaimana dong cara menjaganya, biar si kecil imut dengan segudang fungsi itu tetap bekerja dengan baik?
Enggak sulit kok buat menjaga kinerja ginjal kita. Yang pertama adalah menjaga pola makan, usahakan rendah lemak dan mengurangi garam. Tidak menunda-nunda makan juga merupakan salah satu caranya, selain menghindarkan kita dari masalah lambung, hal itu juga membuat ginjal optimal bekerja.

Kemudian jangan lupa minum air yang cukup ya (disarankan 10 gelas atau dua liter per hari). Sebaiknya air putih atau air mineral. Hindari minuman bersoda, minuman instan, apalagi minuman penambah stamina dan energi. Cukup dengan beristirahat, stamina dan energi akan kembali fit kok.

Olahraga secara teratur juga bisa menjaga kesehatan ginjal kita lho. Enggak harus nge-gym atau olahraga ekstrem, lari pagi sambil menyapa tetangga sekitar rumah juga oke banget tuh. Atau jalan-jalan sambil cuci mata di car free day, seru pastinya.

Terus sobat juga sebaiknya menghindari konsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas. Banyak sekali obat-obat pereda nyeri yang dijual di warung-warung. Dosis kandungan dari bahan dalam obat-obatan tersebut belum tentu cocok dengan keadaan kita. Jika sakit, sebaiknya langsung pergi ke puskesmas, dokter, atau tenaga kesehatan di sekitar kita ya.

Meski gagal ginjal bisa dipengaruhi beberapa faktor, seperti penyakit menahun (diabetes dan darah tinggi), penyakit bawaan, keracunan obat, bahkan benturan sekalipun, tetapi dengan menjaga kesehatannya sejak dini tentu kita bisa memperkecil persentase penurunan fungsinya ya. Kita menjaga ginjal, maka ginjal akan menjaga kita juga.
Jangan lupa minum yang cukup ya, Sobat! (Tia Martiana Surjatman)

Tinggalkan Komentar Anda