Gubernur Akan Benahi Irigasi di Metro

236
Gubernur Akan Benahi Irigasi di Metro 1
Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo saat meninjau areal persawahan Kelurahan Yosomulyo, Kecamatan Metro Pusat, Sabtu (25/03/2017). Foto: Arby - Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Menanggapi keluhan para petani Kota Metro terkait sulitnya mendapatkan air untuk memenuhi kebutuhan pertanian, Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo berjanji akan membenahi saluran Irigasi.

Hal itu dikatakan Gubernur Lampung ketika berdialog dengan para petani di Jl. Wolter Mongonsidi, Kelurahan Yosomulyo, Kecamatan Metro Pusat, Sabtu (25/03/2017). Gubernur mengatakan, keluhan para petani akan air telah menjadi catatan yang harus segera diselesaikan.

“Saya tadi sudah memerintahkan kepada jajaran pejabat eselon Dinas Pertanian, untuk segera memang akan kita masukkan di anggaran perubahan ini. Kita harapkan itu sesegera mungkin bisa selesai,” ujar Gubernur Lampung saat diwawancarai Sebatin.com di areal persawahan Kelurahan Yosomulyo, Sabtu (25/03/2017).

Gubernur Akan Benahi Irigasi di Metro
Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo saat diwawancarai Sebatin.com di areal persawahan Kelurahan Yosomulyo, Kecamatan Metro Pusat, Sabtu (25/03/2017). Foto: Arby – Sebatin.com

Ridho menargetkan setelah saluran irigasi tersebut selesai diperbaiki, para petani dapat menjaga lahan agar kebih produktif dan dapat menikmati hasil panen tiga kali dalam setahun.

“Setelah saluran itu selesai, itu bisa menjaga lahan pertanian mereka supaya bisa produktif, bisa panen tiga kali setahun, dan disitulah kita menjaga dari alih fungsi lahan,” ucapnya.

Dirinya menilai dengan produktifnya lahan petani maka akan berpengaruh terhadap turunnya alih fungsi lahan dan dapat menjaga ketahanan pangan di Bumi Ruwai Jurai.

“Ketika lahan ini produktif dan membawa kesejahteraan buat petani kita, di situlah mereka akan melihat bahwa dengan bertani mereka memiliki kesejahteraan yang sangat cukup sehingga tidak perlu ada alih fungsi lahan, dan di situ kita menjaga ketahanan pangan di provinsi Lampung,” pungkasnya.

Sementara itu menanggapi rencana Gubernur lampung M. Ridho Ficardo untuk memperbaiki saluran Irigasi yang rusak, kepala Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kota Metro Lusia Parjiem sangat mengharapkan pelaksanaan di anggaran perubahan tahun 2017 benar-benar terealisasikan.

“Jadi memang faktor utama dalam pelaksanaan usaha tani ini adalah saluran irigasi ya, memang tadi seperti yang disampaikan, itu ada beberapa saluran yang sudah saatnya diperbaiki namun karena keterbatasan anggaran dari pemerintah provinsi belum dapat dilaksanakan, namun kita tadi sudah dengar bersama bahwa akan diupayakan oleh Bapak Gubernur, mudah-mudahan apa yang disampaikan tadi, di tahun depan atau bahkan menurut yang disampaikan tadi akan dimasukkan di anggaran perubahan tahun 2017, mudah-mudahan akan terwujud,” harapnya.

(Arby)

Tinggalkan Komentar Anda