Gubernur Lampung : Melalui FK-PLP Mari Kita Bangun Tanah Kelahiran Kita Tercinta

553
Gubernur Lampung : Melalui FK-PLP Mari Kita Bangun Tanah Kelahiran Kita Tercinta 01
Gubernur Lampung saat menghadiri acara pengukuhan Forum Komunikasi Persaudaraan Lampung Perantauan (FK-PLP) di gedung Nusantara V DPR-RI Jakarta, Sabtu (19/11/2016). Foto : Humas Pemprov

Sebatin.com, Jakarta – Gubernur Lampung M Ridho Ficardo menghadiri acara pengukuhan Forum Komunikasi Persaudaraan Lampung Perantauan (FK-PLP) di gedung Nusantara V DPR-RI Jakarta, Sabtu (19/11/2016).

Hadir pula dalam acara tersebut Ketua MPR-RI Zulkifli Hasan SE MM, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Prof.DR. Jimly Asshiddiqie,SH tokoh Sumatera Bagian Selatan yang sedang menjabat Ketua DKPP, seluruh anggota DPR/DPD-MPR-RI asal Lampung, Gubernur Bangka Belitung, tokoh Lampung Erich Thohir yang juga merupakan Presiden Club Inter Milan, serta Bupati/ Walikota Se-Provinsi Lampung.

Gubernur Lampung : Melalui FK-PLP Mari Kita Bangun Tanah Kelahiran Kita Tercinta 02
Gubernur Lampung M Ridho ficardo saat foto bersama para tokoh Lampung yang berada di luar Lampung, usai acara pengukuhan Forum Komunikasi Persaudaraan Lampung Perantauan (FK-PLP) di gedung Nusantara V DPR-RI Jakarta, Sabtu (19/11/2016). Foto : Humas Pemrov

Dijelaskan Karo Humas dan Protokol Bayana, Gubernur Lampung memaparkan, tingkat kesejahteraan masyarakat Provinsi Lampung saat ini terus meningkat seiring naiknya trend pendapatan perkapita di Provinsi Lampung yaitu sebesar 31,19 juta rupiah.

“ Telah terjadi peningkatan yang cukup signifikan dari tahun 2013 lalu. Saat itu hanya sebesar 20,72 juta rupiah. Nilai Tukar Petani Provinsi Lampung selalu berada di atas nasional bahkan tertinggi di wilayah Sumatera. Pada Triwulan III-2016 NTP Lampung tertinggi di Sumatera yaitu sebesar 104,04. Pada periode ini, hanya Provinsi Lampung dan Bangka Belitung yang memiliki NTP di atas 100,” ujar Gubernur.

Ridho Ficardo melanjutkan, positifnya kondisi ekonomi juga karena kondisi neraca perdagangan yang surplus. Selama 5 (lima) tahun terakhir, nilai ekspor Lampung selalu lebih tinggi dari nilai impor. Selain itu, dorongan Investasi di Provinsi Lampung yang terus meningkat. Tahun 2015 realisasi investasi mencapai 139% dari target yang ditetapkan oleh BKPM RI. Khusus sektor pariwisata terjadi peningkatan jumlah wisatawan nusantara mencapai rata-rata 30% dan wisatawan mancanegara 28 % sejak tahun 2012. Jumlah hotel di Provinsi Lampung juga peningkatannya cukup signifikan yaitu sebesar 20% sejak 2014.

Gubernur Lampung : Melalui FK-PLP Mari Kita Bangun Tanah Kelahiran Kita Tercinta 03
Gubernur Lampung M Ridho Ficardo saat membacakan paparan dalam acara pengukuhan Forum Komunikasi Persaudaraan Lampung Perantauan (FK-PLP) di gedung Nusantara V DPR-RI Jakarta, Sabtu (19/11/2016). Foto : Humas Pemprov

“Perbaikan infrastruktur dan pengembangan konektivitas masih menjadi prioritas utama kami dalam pembangunan di Provinsi Lampung. Jalan menuju kawasan strategis terus kami prioritaskan untuk diperbaiki,” ungkap Gubernur Lampung.

Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di Provinsi Lampung sepanjang 239 km yang terbagi dalam 2 segmen yaitu Bakauheni – Terbanggi Besar dan Terbanggi Besar – Batas Sumatera Selatan, dengan progres tercepat diantara segmen jalan tol Sumatera lainnya. Pertama, pembangunan kawasan industri Register I Way Pisang di Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan. Kedua, pembangunan kawasan industri di bagian utara Lampung, yang terkoneksi dengan pelabuhan sungai Mesuji yang bersinergi dengan rencana pengembangan tol laut. Ketiga, pembangunan Kawasan Industri Maritim (KIM) Tanggamus yang telah menjadi prioritas nasional dan tertuang dalam RPJMN 2015-2019. Keempat, pengembangan kawasan Teknopolitan merupakan kawasan teknopark, Kampus II Universitas Lampung dan kawasan industri berbasis agro.

“Rencana pembangunan kawasan lainnya adalah kawasan industri di wilayah Way Kanan, Tulang Bawang Barat, Tulang Bawang, pengembangan kawasan Industri Lampung (KAIL II) dan kawasan energi strategis Katibung Lampung Selatan,” terang Gubernur.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur juga mengajak kepada seluruh masyarakat Lampung, khususnya yang berada di perantauan untuk membangun Lampung.

Gubernur Lampung : Melalui FK-PLP Mari Kita Bangun Tanah Kelahiran Kita Tercinta 04
Gubernur Lampung M Ridho Ficardo berfoto bersama seluruh tokoh dan Bupati/ Walikota Se-Provinsi Lampung, usai acara pengukuhan Forum Komunikasi Persaudaraan Lampung Perantauan (FK-PLP) di gedung Nusantara V DPR-RI Jakarta, Sabtu (19/11/2016). Foto : Humas Pemprov.

“Mari kita bangun sama-sama kampung halaman, tanah kelahiran kita tercinta. Bantu saya memimpin Lampung, agar lebih mendapat citra positif ditingkat nasional. Bahkan segala potensi yang dimiliki Lampung bisa kita promosikan dikancah Internasional,” ajak Gubernur.

Ketua Panitia Pengukuhan FK-PLP Ansori Sinungan melaporkan, FK-PLP adalah paguyuban kedaerahan yang di motori oleh para tokoh-tokoh dan masyarakat asaI Lampung yang berada di berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri. Paguyuban ini berorientasi guna mengakomodir dan menawarkan solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang terdapat di daerah Lampung.

“Di era keterbukaan peran masyarakat Lampung di perantauan khususnya tokoh-tokoh masyarakat yang sudah berkiprah secara nasional maupun internasional, sangatlah penting untuk dapat bersinergi dengan Pemerintah Provinsi dan Daerah serta Kabupaten/Kota guna membangun dan mengembangkan potensi daerah yang dimiliki. Oleh karena itu program kerja yang bernuansa sosial kemasyarakatan merupakan program utama dari FK-PLP,” terangnya.

Sementara itu Ketua Umum FK-PLP DR Zulkifli Hasan SE MM menjelaskan, FK-PLP merupakan satu organisasi kedaerahan (paguyuban) yang muncul dari pemikiran akan pentingnya sarana komunikasi antar komponen/komunitas masyarakat Lampung, yakni yang berdomisili di luar Lampung dengan komponen masyarakat Lampung yang ada di Lampung serta Pemerintah Daerah. (Rls)

Tinggalkan Komentar Anda