Guna Menunjang Hasil Pertanian, Warga Raman Utara Butuh Infrastruktur Memadai

422
Guna Menunjang Hasil Pertanian, Warga Raman Utara Butuh Infrastruktur Memadai
Kegiatan Musrenbang kecamatan Raman Utara. Foto: Red - Sebatin.com

Sebatin.com, Lampung Timur – Pada tahun 2018 mendatang, Kecamatan Raman Utara diperkirakan akan lebih fokus dalam pembangunan infrastruktur dan pertanian, sebab mayoritas penduduknya berprofesi sebagai seorang petani. Oleh karena itu, guna menunjang hasil pertanian, maka sangat dibutuhkan infrastruktur yang memadai, terutama pada pembangunan jalan.

Hal tersebut disampaikan Camat Adnan pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Raman Utara yang digelar di Balai Desa Raman Aji, Raman Utara, Lampung Timur, Jumat (3/3/2017).

Selain itu, menurut Adnan, pada pembangunan di tahun 2018 yang akan datang, Kecamatan Raman Utara juga akan fokus di bidang pendidikan, kesehatan, peternakan, perikanan, perkebunan, transmigrasi, pariwisata, dan lain sebagainya.

Pada kesempatan tersebut, Adnan juga menyampaikan beberapa poin usulan untuk pembangunan infrastruktur tahun depan, diantaranya rehab berat jalan kabupaten yang berlokasi di enam desa sekecamatan Raman Utara, rehab berat Aula Kantor Kecamatan Raman Utara, dan pembangunan stadion olahraga.

Selaku Camat Raman Utara, Adnan sangat berharap semua poin usulan tersebut bisa direalisasikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Timur. Menurutnya, hal ini demi mendorong kemajuan dan kesejahteraan warga Raman Utara.

Pada kesempatan berikutnya, Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I Drs Tarmizi menjelaskan, bahwa pada tahun 2017 hingga 2018, Pemkab Lampung Timur akan lebih fokus dalam pembangunan di bidang infrastruktur, sebab masih banyak jalan kabupaten yang kondisinya rusak parah, oleh karena itu perlu penanganan serius.

Dalam pembangunan infrastruktur tersebut, Pemkab Lampung Timur akan memprioritaskan jalan yang merupakan akses pertanian, supaya mempermudah bagi para petani untuk mengeluarkan hasil pertaniannya.

Sementara itu, menanggapi beberapa usulan yang disampaikan oleh Camat Raman Utara, Tarmizi memaparkan bahwa usulan tersebut akan segera dibahas dalam Musrenbang tingkat kabupaten.

Lebih lanjut, Asisten I Bidang Pemerintahan itu mengatakan, bahwa Pemerintah Pusat dan Pemkab Lampung Timur telah menggelontorkan dana senilai 351,31 miliar rupiah untuk percepatan pembangunan di setiap desa yang berada di Kabupaten Lampung Timur. Di mana, dana itu nantinya akan dikucurkan kepada 264 desa yang berada di 24 kecamatan se-kabupaten Lampung Timur.

Tarmizi berpesan agar dana tersebut bisa dimanfaatkan untuk percepatan pembangunan desa sesuai peraturan dan undang-undang yang berlaku, jangan sampai dana yang dikucurkan tersebut tidak membawa manfaat bagi desa dan masyarakatnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan Raman Utara ini juga dihadiri oleh para Kepala Dinas di lingkungan Pemkab Lampung Timur serta Kepala Desa dan warga se-Kecamatan Raman Utara. (Red)

Tinggalkan Komentar Anda