Hampir Kehilangan Tradisi Penyembelihan, Desa Purwosari Kembali Bagikan Daging Qurban ke Warga Sekitar

888
Hampir Kehilangan Tradisi Penyembelihan, Desa Purwosari Kembali Bagikan Daging Qurban ke Warga Sekitar
Warga melakukan proses pemotongan bagian-bagian daging qurban. Foto: Willi – Sebatin.com

Sebatin.com – Allaahu akbar, Allaahu akbar, Allaahu akbar, Laa illaa haillallah huwaallaahuakbar, Allaahu akbar walillaahil hamd. Suara Takbir, Tahmid, dan Tahlil terus berkumandang di setiap penjuru masjid di sekitaran Lampung, khususnya di desa Purwosari, RT/RW 01/01 Lampung Timur. Mushola Hidaytussyibian dipilih untuk menjadi tempat dalam proses penyembelihan hewan qurban pada tanggal 10 Dzulhijjah 1437H (12/9/2016).

Ada yang menarik dari prosesi penyembelihan qurban kali ini, dimana warga yang hadir sangat antusias, baik untuk membantu atau menonton saat hewan-hewan qurban tersebut disembelih, pasalnya tahun lalu sempat tidak ada satu pun warga yang ber-qurban.

Hal ini dituturkan langsung oleh salah satu panitia qurban, Ahmad Sholeh kepada Sebatin.com.

“Alhamdullillah tahun ini desa kita bisa kembali menyelenggarakan qurban, walaupun sangat-sangat disayangkan tahun kemarin tidak ada satu pun yang bisa ber-qurban. Untuk prosesi qurban, kali ini ada 8 warga yang menyisihkan uangnya untuk melaksanakan qurban, kami mendapat 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing dan Insya Allah akan dibagikan kepada 115 warga di seputaran desa Purwosari RT/RW 01/01.”

Di sisi lain, warga pun sempat merasakan hiporia yang luar biasa dalam acara qurban kali ini.

“Iya mas, tahun lalu sempet nggak nyembelih qurban disini, Alhamdulliah sekarang rezekinya ada, jadi kita semua bisa merasakan tradisi lebaran Idul Adha seperti biasanya. Semoga hasil qurban tahun ini bisa berkah dan tradisi sembelih qurban bisa terus berlanjut di tahun-tahun yang akan datang, Aamiin…” ungkap Resti, salah seorang warga yang tengah berada di lokasi.

(Willi)

Tinggalkan Komentar Anda