Hari Ini: Hari Kesehatan Jiwa Internasional, Awas Tekanan Mental!

848
Hari Ini: Hari Kesehatan Jiwa Internasional, Awas Tekanan Mental!
Hari Ini: Hari Kesehatan Jiwa Internasional, Awas Tekanan Mental! (Ilustrasi)

Sebatin.com – Kesehatan jiwa merupakan aspek yang sangat penting dalam kehidupan. Jika raga sehat bugar namun jiwa tidak sehat atau sedikit terganggu, maka kita tidak bisa menjalani aktivitas secara normal seperti pada umumnya.

Hari ini atau tepat pada tanggal 10 Oktober pada setiap tahunnya, lembaga kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) menetapkan sebagai hari kesehatan jiwa internasional. Dirangkum dari situs resmi WHO, tujuan dari peringatan hari kesehatan jiwa internasional adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang isu-isu kesehatan mental di seluruh dunia dan memobilisasi upaya dalam mendukung kesehatan mental.

WHO juga melaporkan bahwa ada lima masalah kesehatan jiwa, diantaranya adalah depresi, alkoholisme, gangguan bipolar, skizofrenia, dan obsesif kompulsif. WHO juga memprediksi pada tahun 2020 yang akan datang, depresi akan menjadi penyebab penyakit nomor dua dalam menimbulkan beban kesehatan.

Masyarakat perkotaan yang mayoritas adalah pekerja kantoran adalah masyarakat yang sangat rentan dengan kesehatan jiwa, hal itu disebabkan tekanan-tekanan pekerjaan yang berat namun tidak dibarengi dengan mental yang kuat. Hingga akhirnya menyebabkan tekanan mental berujung dengan depresi dan akhirnya mengalami gangguan jiwa.

Untuk itu masyarakat yang tinggal di kota-kota besar harus memiliki mental yang kuat dalam menghadapi tekanan-tekanan kehidupan metropolitan, hal ini seperti yang diungkapkan oleh Bina Kesehatan Jiwa dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Hari ini juga memberikan kesempatan bagi semua pekerja untuk peduli atas isu-isu kesehatan mental dan apa yang harus dilakukan untuk melakukan perawatan kesehatan mental.

Untuk itu mari kita jaga kesehatan tubuh, baik jiwa maupun raga, sebab kehidupan yang layak hanya bisa diraih dengan komposisi kesehatan dua unsur tubuh ini seimbang. Selamat hari kesehatan jiwa sedunia! (Willi)

Tinggalkan Komentar Anda