Hari Ini: Hari Osteoporosis Sedunia, Jaga Kesehatan Tulang!

849
Hari Ini: Hari Osteoporosis Sedunia, Jaga Kesehatan Tulang!
(Ilustrasi). Gambar: Tbo

Sebatin.com – Disetiap tahunnya pada tanggal 20 Oktober diperingati Hari Osteoporosis Sedunia. Untuk pengetahuan kita semua, osteoporis merupakan kondisi dimana tulang menjadi lebih tipis dan lebih rapuh.

Berdasarkan informasi dari laman worldosteoporosisday, peringatan hari osteoporosis didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran terhadapa pencegahan, pengobatan penyakit tulang secara global. Dalam setiap peringatannya International Osteoporosis Foundation (IOF) melibatkan kampanye ini bersama pasien dari seluruh dunia dengan kegiatan di lebih dari 90 negara.

Menurut data worldosteoporosisday, osteoporosis sendiri merupakan masalah di seluruh dunia, pasalnya satu dari tiga wanita, satu dari lima pria yang masing-masing berusia diatas 50 tahun terancam menderita fraktur osteoporosis. Fraktur sendiri memiliki arti putusnya kontinuitas tulang yang disebabkan oleh benturan atau dari osteoporosis sendiri.

Osteoporosis akan menyebabkan tulang-tulang menjadi lemah dan rapuh, sehingga akan mudah keropos bahkan hancur. Sehingga apabila terjadi benturan atau gerakan secara tiba-tiba tulang akan fraktur. Fraktur yang disebabkan oleh osteporosis sangat mengancam jiwa pasalnya itu penyebab utama dalam kelumpuhan.

Lalu apa tindakan yang bisa dilakukan untuk melawan osteoporosis ini? Dalam artikelnya yang dapat kita unduh, worldosteoporosisday setidaknya memberikan 5 cara pencegahan osteoporosis.

  1. Berloahraga Secara Teratur

Tidak peduli berapa umur anda, jika anda malas bergerak osteoporosis akan selalu mengancam. Untuk itu berolahragalah agar tulang-tulang menjadi sehat

  1. Jika Anda Sedang Diet, Pastikan Konsumsi Makanan Kaya Nutrisi Tulang

Tulang membutuhkan kalsium dan vitamin D serta protein agar terus kuat, untuk anda yang sedang diet jangan lupa untuk memenuhi tiga unsur tersebut.

  1. Hindari Gaya Hidup Negatif

Aturlah berat badan anda serta hindari merokok

  1. Cari Tahu Kondisi Tulang Anda

Hal ini bisa dilakukan dengan mengecek kondisi tulang kepada dokter yang ahli pada bidangnya, terutama jika anda pernah mengalami fraktur tulang sebelumnya.

  1. Asupan Nutrisi Tambahan, Jika Diperlukan

Untuk menjaga kesehatan tulang, ada baiknya untuk mengkonsusmi susu yang sudah diproduksi untuk kesehatan tulang anda.

Untuk itu, di Hari Osteoporosis Sedunia ini, marilah kita menjaga kesahatan tulang kita baik dari faktor internal ataupun selalu berhati-hati terhadap kegiatan yang bisa membuat tulang cedera. Karena di usia tua nanti, tulang yang sehat akan bisa terus  menopang kita saat sedang bercanda gurau bersama keluarga tercinta. (Willi)

 

Tinggalkan Komentar Anda