Hari Ini: HUT TNI Ke-71, Sang Penjaga Merah Putih

1141
Hari Ini: HUT TNI Ke-71, Sang Penjaga Merah Putih
Hari Ini: HUT TNI Ke-71, Sang Penjaga Merah Putih. (Ilustrasi)

Sebatin.com – Tepat pada tanggal 5 Oktober 2016, 71 tahun sudah Tentara Nasional Indonesia (TNI) berjuang dalam menegakkan kedaulatan, mempertahankan keutuhan wilayah, serta melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Angkatan militer yang sangat kita banggakan ini, awalnya dibentuk dengan nama Tentara Keamanan Rakyat (TKR), hingga akhirnya berubah nama menjadi TNI pada 3 Juni 1947. Perlu diketahui, pada tahun 1966 hingga 1971 atau yang lebih dikenal dengan masa orde baru, militer Indonesia lebih dikenal dengan sebutan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI). ABRI sendiri adalah sebuah lembaga yang terdiri dari angkatan perang dan kepolisian negara (Polri).

ABRI juga memiliki beberapa angkatan antara lain, Angkatan Darat Republik Indonesia (ADRI), Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI), Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI). Namun pada Oktober 1971 sebutan ABRI dikembalikan menjadi TNI dan pada setiap angkatannya disebut TNI Angkatan Darat (TNI-AD), TNI Angkatan Laut (TNI-AL), TNI Angkatan Udara (TNI-AL).

Saat ini TNI sendiri beranggotakan 369.389 personel, yang terdiri dari 273.693 prajurit Angkatan Darat, 68.180 prajurit Angkatan Laut, dan 27.590 prajurit Angkatan Udara. Seluruh pasukan elit ini dipimpin oleh Jendral TNI Gatot Nurmantyo.

Dengan bertambahnya umur TNI yang ke 71 ini, semoga TNI menjadi lebih kuat dan berwibawa, sehingga dapat terus berjuang mempertahankan keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Jaya Terus TNI Indonesia, Merdeka! (Willi)

Tinggalkan Komentar Anda