Hari Ini: Peringatan G30S PKI, Kejamnya Gerakan Komunisme

1088
Hari Ini: Peringatan G30S PKI, Kejamnya Gerakan Komunisme
Monumen Pancasila Sakti

Sebatin.com – Tepat pada tanggal 30 Septermber pada setiap tahunnya, menjadi hari peringatan Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G30S PKI). Mengulik kembali peristiwa sejarah yang terjadi pada tanggal 30 September 1965 silam, terjadi sebuah peristiwa pembunuhan tujuh Perwira tinggi militer Indonesia yang dimulai dari malam 30 September hingga 1 Oktober dalam suatu usaha percobaan kudeta.

Menurut catatan sejarah, PKI sendiri mempunyai 20 juta anggota yang didalam terdapat beberapa organisasi lain diantaranya, Pergerakan Serikat Buruh, Pergerakan Barisan Tani Indonesia dan Pergerakan Wanita.

Dalam percobaan kudeta oleh PKI, setidaknya ada 7 perwira yang dibunuh di dalam lubang buaya pada malam itu antara lain,

  1. Jend TNI Anumerta Ahmad Yani
  2. TNI Anumerta Donald Isaac Pandjaitan
  3. Mayjend TNI Anumerta Suyoto Siswomiharjo
  4. Letjend TNI Anumetra Mas Tirtodarmo Haryono (MT Haryono)
  5. Letjend TNI Anumerta Suprapto
  6. Kapten Anumerta Pierre Tendean
  7. Letjend TNI Anumerta S. Parman

Kekejaman PKI semasa itu memang tidak bisa dimaafkan oleh masyarakat Indonesia hingga saat ini, namun ada saja beberapa oknum yang mencoba untuk membangkitkan kembali partai ini. Seperti beberapa kasus akibat penggunaan logo palu dan arit pada sebuah kaos yang terjadi dibeberapa daerah di Indonesia bahkan terjadi di Lampung.

Guna pencegahan berkembangnya partai ini pihak berwenang sudah membentuk sebuah lembaga-lembaga khusus untuk mengantisipasi komunisme ini sendiri, contohnya pada pekan lalu, Pemerintahan Kota Metro mengukuhkan Anggota Satgas Anti Radikalisme, Komunisme dan Terorisme (RKT).

Dengan mengingat kembali sejarah G30S PKI, kita bisa mencontoh perjuangan para Pahlawan Indonesia dalam Pemberontakan G30S PKI. Dengan perjuangannya tersebut kita bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mempertahankan keutuhan kemerdekaan Republik Indonesia. (Willi)

Tinggalkan Komentar Anda