Hari Tanam Pohon, Pemkot Metro Seriusi Terbentuknya Kota Terbuka Hijau

138
Wakil Walikota Metro, Djohan melakukan penanaman pohon secara simbolis di Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), di Dam Raman, Kota Metro, Selasa (28/11). Foto : Istimewa

Sebatin.com, Metro – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengadakan kegiatan tanam pohon di lingkungan Objek Wisata Dam Raman, Metro Utara, Selasa (28/11). Kegiatan ini merupakan upaya Pemkot Metro dalam memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI).

Kepala DLH, Eka Irianta mengatakan, HMPI mengusung tema “Kerja Bersama Makmurkan Rakyat dan Lestarikan Alam”, dengan tujuan, untuk mewujudkan Kota Metro menjadi Kota yang bersih, hijau dan asri. Serta, guna meningkatkan kualitas lingkungan hidup sebagai pendukung visi Kota Metro, sebagai Kota Pendidikan dan destinasi wisata keluarga.

Ada 200 orang yang mengikuti acara HMPI ini yang terdiri dari unsur pemerintah dan masyarakat, dan 15 ribu pohon yang rencananya akan ditanam.

“11 ribu bibit tersebut akan di distribusikan ke 22 kelurahan, jadi setiap kelurahan minimal mendapat 500 bibit pohon,” ungkap Eka sapaan akrabnya.

Eka juga menambahkan, pohon yang akan ditanam merupakan jenis pohon buah-buahan seperti pohon jambu jamaika, pohon sirsak, pohon duren, pohon mangga, pohon alpukat dan pohon rambutan.

“Sementara itu terdapat juga pohon terbesi, cempaka, ketapang dan pohon salam. Tak hanya itu, pohon-pohon ini kami dapatkan dari bantuan pengusaha di Kota Mero, salah satunya dari Taman Palem Indah, BSB Asih dan Prodia Cabang Metro,” papar Eka.

Lain dengan Wakil Walikota (Wawali) Metro, Djohan dalam sambutannya berharap agar dengan kegiatan diatas itu mampun memberikan motivasi dan pemahaman terhadap kelestarian lingkungan dan alam. Kegiatan seperti ini juga merupakan bentuk kecintaan dan kepedulian kita terhadap alam, khususnya di Kota Metro.

“Sesuai dengan prinsip kelestarian, kita harus prihatin kondisi alam kita saat ini yang mengalami kerusakan. Oleh karena itu, mari kita perangi secara terus menurus hingga alam menjadi lestari. Salah satunya dengan menanam pohon, guna memperbanyak ruang terbuka hijau,” ucap Djohan.

Diakhir sambutan, Djohan juga berpesan kepada para Tokoh, Camat dan Lurah untuk mengajak masayarakat dalam memelihara lingkungan dan merawat pohon yang ditanam.

“Jika pada hari ini pohon yang kita tanam hidup hingga 70 %, maka untuk kedepannya saya yakin Kota Metro menajadi kota terbuka hijau. Dimana memelihara lingkungan merupakan tanggung jawab bersama, untuk kemajuan kita semua pada saat ini hingga masa depan,” ujarnya.

Sebelum akhir acara, Wawali Metro yang didamping Anggota Fokorpimda Metro menyerahkan piagam dan trophy penghargaan Adiwiyata Kota Metro Tahun 2017 kepada SDN 4 Metro Selatan, SD Kristen BPK Penabur Metro, SD Pertiwi Teladan Metro, MIN 3 Metro dan SMP Muhammadiyah 1 Metro.

Sumber : Rilis
Editor : Ibnu Wardi

Tinggalkan Komentar Anda