HUT AJI Ke – 23 Gelar Diskusi “ Media Kritis, Pilkada Demokratis”

183
Anggota Aji Bandar Lampung

Sebatin.com, Bandar Lampung – Dalam rangka memperingati HUT Aliansi Jurnalis Independen ( AJI ) ke – 23, AJI Bandar Lampung, Sabtu (26/08) akan gelar diskusi bersama para Akademisi, KPU, Bawaslu, Pemred, Jurnalis, NGO serta Mahasiswa, di kantor Sekretariat Jalan prof. Agus Salim No 54 Bandar Lampung.

Ketua AJI Bandar Lampung Padli Ramdhan, Kamis (24/08) mengatakan bahwa diskusi yang akan digelar besok itu mengambil thema “ Media Kritis, Pilkada Demokratis”, acara ini digelar dalam salah satu rangkaian peringati HUT AJI ke – 23, ujarnya.

Lanjutnya, diskusi ini akan digelar disekretariat AJI Bandar Lampung dan thema ini diambil mengingat Propinsi Lampung akan ada pesta demokrasi pemilihan Kepala Daerah serentak pada tahun 2018, yakni pemilihan Gubernur, Bupati Lampung Utara, dan Bupati Tanggamus. Jadi media memiliki peran yang sangat luar biasa dan pers diharapkan publik dapat mengawal pilkada dengan sikap kritis dan tetap independen.

“Saya harap liputan media lebih mendalam dan kritis kepada semua calon, termasuk penyelenggara dan pengawas pilkada”, kata Ketua AJI.

Dengan sajian berita yang mendalam diharapkan pemilih memiliki informasi yang utuh dan menyeluruh tidak ada yang salah dalam menentukan pilihannya, media juga memberikan ruang kepada semua calon untuk menyampaikan gagasannya, media juga harus memberikan ruang kepada pemilih untuk menyampaikan suaranya dan tidak hanya pada calon tertentu yang kuat secara kapital saja, dalam dua pilkada serentak sebelumnya dapat dijadikan pelajaran dan evaluasi tentang sejauh mana efektifitas dan peran dalam memberikan pendidikan politik yang mencerdaskan pemilih, ujarnya.

Ketua Pelaksana HUT AJI Andi Apriyadi menerangkan selain menggelar diskusi, juga menghelat nonton film jurnalistik di Sekretariat AJI Bandar Lampung, Sabtu (26/8) malam pukul 19.00 dan malam penghargaan Saidatul Fitriah dan Kamaroeddin, Minggu (27/8) pukul 18.00, jelas Andi.

Film yang akan diputar pada kegiatan nobar berjudul “Good Night, Good Luck”. Film yang dibintangi George Clooney ini diangkat dari kisah nyata tentang jurnalis televisi di Amerika Serikat saat masa perang dingin.

Nonton bareng ini terbuka untuk umum dan gratis. “Setelah nonton film, kita bisa mendiskusikan film sambil ngopi bareng,” kata dia.

(S05)

Tinggalkan Komentar Anda