HUT Provinsi Lampung Ke 54, Pairin : Peringatan Ini Sebagai Sarana Intropeksi

13
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro, menggelar Rapat Paripurna Istimewa di Gedung Dewan setempat, Senin (19/3/2018). Foto : Red

Sebatin.com, Kota Metro – Dalam memperingati HUT Provinsi Lampung ke-54, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro, menggelar Rapat Paripurna Istimewa di Gedung Dewan setempat, Senin (19/3/2018).

Sidang paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Metro, Anna Morinda, yang juga diikuti sebanyak 19 Anggota DPRD Kota Metro dan dihadiri Walikota Achmad Pairin, Wakil Walikota Djohan, Sekda A. Nasir, Anggota Forkopimda Kota Metro, Kepala OPD, Camat, Lurah, tokoh Masyarakat dan tamu undangan.

Dalam sambutannya, Walikota Metro Achmad Pairin saat membacakan sambutan Gubernur Lampung mengatakan, peringatan ini sebagai sarana intropeksi terhadap apa yang telah dan akan kita lakukan demi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Lampung.

“Pada usia ke 54, telah banyak pencapaian kemajuan pembangunan yang telah dilaksanakan di Provinsi Lampung. Hal ini ditandai dengan meningkatnya peringkat daya saing yang diterbitkan oleh Asia Compertitiveness Institute, bahwa Provinsi Lampung dari peringkat ke 25 pada tahun 2015 menjadi peringkat ke 11 dari seluruh Indonesia,” ujar Pairin.

Selanjutnya, berhubung dengan peningkatan daya saing tersebut ditunjukan dengan kinerja pertumbuhan ekonomi tiga tahun terakhir di atas pertumbuhan ekonomi nasional. Adapun pada tahun 2017, ekonomi Provinsi Lampung tumbuh sebesar 5,17 persen, dan tingkat pengangguran mengalami penurunan sebesar 4,33 persen.

“Dari persentase tersebut, membuat tingkat Provinsi Lampung terus menurun dari 14,35 persen pada tahun 2014 menjadi 13,04 persen pada tahun 2017. Namun hal ini masih lebih tinggi dibandingkan angka kemiskinan nasional sebesar 10,12 persen,” ungkap Pairin.

Tambahnya, Pairin menegaskan untuk pengentasan kemiskinan, maka diperlukan komitmen bersama dalam mengupayaan percepatan penurunan tingkat kemiskinan, salah satunya dengan Program Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa Saburai) yang ditetapkan kepada 380 desa dari 13 kabupaten, dengan alokasi masing-masing desa sebesar 300 juta rupiah.

“Dengan Visi ‘Lampung Maju dan Sejahtera’, maka kita buat program prioritas yang dapat memberikan dampak signifikan, yaitu di Bidang Infrastuktur, Bidang Pembangunan Manusia dan di Bidang Perekonomian. Untuk mewujudkannya kita perlu adanya dukungan kita semua dan seluruh masyarakat, Dirgahayiu Prvinsi Lampung ke 54,” tutup Pairin diakhir sambutan.

(Adv)

Tinggalkan Komentar Anda