IKA SMPN 1 Metro Komitmen Dukung Pemkot Metro Wujudkan Kota Pendidikan

312
IKA SMPN 1 Metro Komitmen Dukung Pemkot Metro Wujudkan Kota Pendidikan 01
Musyawarah Besar Ikatan Alumni (IKA) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Metro, di Aula Rumah Makan Pondok 21, Sabtu (8/4/2017). Foto : Ade Embun - Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Ikatan Alumni (IKA) Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Metro menggelar Musyawarah Besar di Aula Rumah Makan Pondok 21, Sabtu (8/4/2017).

Musyawarah yang dibuka Asisten I Setda Kota Metro Ridwan tersebut, dihadiri oleh seluruh alumni mulai dari angkatan tahun 1966.

Ketua Panitia, Kaswan Sanusi mengatakan, musyawarah besar IKA SMPN 1 Metro tersebut, sebagai sarana untuk silaturahmi antar alumni. Selain itu, melalui musyawarah tersebut IKA SMPN 1 Metro tersebut juga untuk menetukan langkah untuk mendukung Kota Metro sebagai Kota Pendidikan.

IKA SMPN 1 Metro Komitmen Dukung Pemkot Metro Wujudkan Kota Pendidikan 02
Ketua Panitia Musyawarah Besar IKA) SMP Negeri 1 Metro Kaswan Sanusi. Foto : Ade Embun – Sebatin.com

“Yang pertama ini sebagai ajang silaturahmi. Yang kedua bagaimana kedepan IKA ini bisa bermanfaat baik untuk sekolah kemudian untuk alumni, dan tentunya yang lebih luas lagi untuk Kota Metro. Jadi bagaimana kita punya sumbangsih untuk Kota Metro. Jadi harapan kita kedepan semua anggota IKA SMPN 1 Metro ada kontribusi yang positif, supaya untuk membantu paling tidak memberi gagasan. Karena Metro kan sudah terkenal sebagai Kota Pendidikan harapan kita, kita memberikan walaupun sedikit. Kita berikan kontribusi”, katanya.

Salah satunya, terus Kaswan, yakni memberikan beasiswa pada anak-anak kurang mampu, maupun siswa yang berprestasi. Selain itu, juga akan IKA SMPN 1 Metro akan mengajak Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk memberikan penyuluhan tentang narkoba.

“Kita juga akan memberikan bantuan hukum pada anak-anak, wanita dan sebagainya. Nah ini kita kemas bagaimana IKA SMPN 1 Metro ini ada manfaat”, terusnya.

Ia menjelaskan, IKA SMPN 1 Metro pertama kali terbentuk tahun 1951. Dimana, di musyawarah besar tersebut yang paling senior yaitu alumni tahun 1966.

“Yang paling jauh dari Jakarta, ada beberapa orang yang sengaja hadir hanya untuk kegiatan ini. Pak Abdulhak alumni tahun 1966 hadir, alumni 1968 pak Ridwan Sor’i Maun Ali anggota DPRD Metro juga hadir. Kawan-kawan alumni ini ada yang sudah jenderal, Professor, Doktor dan masih banyak lagi”, jelasnya.

Dirinya berharap kepada alumni-alumni yang masih muda juga mempunyai kontribusi untuk Kota Metro.

“Memang tidak mudah, ini yang kita ingin gali potensi-potensi yang ada supaya kita bersatu dan bermanfaat”, harapnya.

IKA SMPN 1 Metro Komitmen Dukung Pemkot Metro Wujudkan Kota Pendidikan 03
Anggota IKA SMP Negri 1 Metro. Foto : Ade Embun – Sebatin.com

Ia menambahkan, dalam setiap reuni antar angkatan pastinya akan ada kesenjangan sosial. Namun, kata dia, dalam musyawarah besar tersebut tidak berbicara status sosial, jabatan, ataupun kemampuan.

“Memang ada kesenjangan cuma kita kemas lebih ke sosial. Jadi tidak berbicara kemampuan, status sosial, jabatan intinya kita bersatu dan ingin bermanfaat”, tambahnya.

Sementara itu, Asisten I Setda Kota Metro Ridwan berharap, adanya IKA SMPN 1 Metro bisa menghasilkan pemikiran, keahlian serta inovasi-inovas para anggota, dalam rangka membangun Kota Metro kedepan.

“Mudah-mudahan dengan hasil musyawarah ini juga dapat ditindak lanjuti bisa berperan serta membangun Kota Metro sebagaimana Visi Misi Kota Metro. Dan juga mendukung Visi Kota Metro sebagai Kota Pendidikan”, harapnya.

(Hendra Kurniawan)

Tinggalkan Komentar Anda