IKLB Jawa Barat Berencana Membangun Ekonomi Kreatif Khas Lampung

151
Pertemuan IKLB Jabar di Villa Zahra Lembang, Minggu (12/11). Foto : Istimewa

Sebatin.com, Bandung – Mengacu kepada Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2009 tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif, Ikatan Keluarga Lampung – Bandung, Jawa Barat (IKLB Jabar) menggiatkan ekonomi kreatif berbasis potensi daerah dan kearifan lokal Lampung.

Ketua Bidang Usaha dan Ekonomi IKLB Said pada acara Pertemuan IKLB Jabar di Villa Zahra Lembang, Minggu (12/11), mengungkapkan, Pengembangan usaha kuliner khas serta Pakaian Tapis Khas Lampung mendapat respons positif seluruh anggota IKLB dan masyarakat Lampung rantau se Jawa Barat,”

”Dengan ekonomi kreatif ini, kami ingin menjaring pelaku usaha ekonomi kreatif subsektor kuliner, bukan hanya di Bandung tetapi juga seluruh Indonesia. Sehingga, diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dibidang kuliner Lampung, serta memberikan akses permodalan untuk mendorong peningkatan produktivitas dan nilai tambah,” ujar Said.

Ketua IKLB Jabar, Syafrial mengatakan, sebagian besar wilayah Indonesia mulai menggiatkan ekonomi kreatif berbasis potensi daerah dan kearifan lokal yang dimiliki. Ia menjelaskan pentingnya peran organisasi daerah dalam membangun pertumbuhan usaha-usaha tersebut.Sebab, organisasi daerah kini menjadi wadah dalam menentukan sasaran, arah, dan strategi agar para pelaku wisata bisa menentukan produk wisata yang akan dikedepankan agar menjadi Ikon daerahnya.

Sementara Ketua Bidang Budaya dan Pariwisata, Dasrun Hidayat mengatakan, saat ini pihaknya juga tengah mempersiapkan website untuk mempromosikan destinasi wisata Lampung, terutama Pulau Pahawang dan Teluk Kiluan, yang akan bekerjasama dengan tour and travel yang berada di wilayah Bandung.

Darsun mengaku, pihaknya tidak bisa bekerja sendiri untuk mewujudkan keinginan itu. Untuk itu, perlu dilakukan kerja sama dengan semua pihak, baik Pengurus IKLB maupun Pemerintah Daerah Lampung.

“Kami menilai Lampung memiliki potensi untuk mengembangkan ekonomi kreatif dengan lebih luas, karena memiliki kekayaan alam, seni serta budaya yang merupakan bahan baku dari industri kreatif,” Tuturnya.

Darsun pun menginformasikan, IKLB rencananya akan segera membuka usaha berupa Coffee Resto Sekhuit Lampung di jalan Ters.Buah Batu Bandung, yang akan di launching pada pertengahan Desember bulan depan.

(Humas Prov)
Editor : Addarori Ibnu Wardi

Tinggalkan Komentar Anda