Ikut Serta Dalam Memakmurkan Masyarakat , Salah Satu Misi Wartawan Kompeten

6
Ikut-Serta-Dalam-Memakmurkan-Masyarakat-,-Salah-Satu-Misi-Wartawan-Kompeten
Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat, Firdaus yang juga sebagai Sekretaris Jenderal SMSI, saat berada di atas kapal KM Wisata Kabupaten Samosir, dalam rangka penutupan kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan PWI Simalungun di fasilitasi PT Jafpa, Kamis (22/11/18).

Sebatin.com, Simalungun – Seorang jurnalis yang berkompeten tentunya akan dapat memfilter terkait kelayakan sebuah berita untuk ditayangkan. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat, Firdaus, pada penutupan kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan PWI Simalungun di fasilitasi PT Jafpa, dan dilaksanakan di atas kapal KM Wisata Kabupaten Samosir, Kamis (22/11/18).

“Keindahan Danau Toba mencuri perhatian siapa saja yang datang ke Provinsi Sumatera Utara ini. Danau Toba pantas didukung semua pihak, karena keindahannya sangat luar biasa. Jika seorang jurnalis berkompeten tidak mampu atau salah dalam memberitakan point ini, tentu fatal akibatnya. Sebab, bisa jadi beberapa perusahaan yang ingin masuk ke Simalungun dengan niat ingin berinvestasi dapat membatalkan niatnya, akibat adanya pemberitaan buruk. Bahkan investor yang ada juga bisa hengkang. Ini jelas merugikan masyarakat dan daerah”, terangnya.

Kepada para peserta UKW, Firdaus berpesan, agar terus dapat menjaga investasi yang ada di daerah setempat. “Wartawan bekerja untuk kepentingan publik. Wartawan yang telah kompeten, namun dalam melaksanakan kerja jurnalistik meresahkan masyarakat atau tidak sesuai kode etik, maka kartu kompetensi nya dapat dicabut sesuai usulan hasil sidang PWI provinsi”, jelasnya.

Ke depan, lanjut Firdaus, dirinya akan merencanakan pelaksanaan rapat kerja Serikat Media Siber se-Indonesia, dan direncanakan akan digelar di Danau Toba. “Kegiatan tersebut selain untuk promosi, juga untuk menjaga iklim investasi yang ada”, ujar Sekretaris Jenderal SMSI ini.

Sebelumnya, Ketua PWI Sumut, Hermansjah menuturkan, melalui UKW harapannya dapat menjadi pegangan bagi pengelola media dalam menciptakan wartawan yang berkualitas. “Ini akan menambah wartawan berkompeten di Sumut”, ujarnya.

“UKW angkatan berikutnya akan dilaksanakan di Tarutung, Taput dan Medan hingga tahun 2018 ini”, terangnya.

Hermansjah juga berharap, agar Pemerintah Kota (Pemkot) Siantar dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun dapat lebih memberikan perhatian dengan adanya pelaksanaan UKW, sehingga dapat menjadi mitra ke depannya.

“Kepada pihak PT Jafpa, kami ucapkan banyak terimakasih, telah memfasilitasi pelaksanaan pembukaan dan penutupan kegiatan ini, di atas KM Wisata Kabupaten Samosir, sembari mengelilingi kawasan Danau Toba”, pungkas Hermansjah.

Di atas kapal diumumkan hasil UKW yang dilaksanakan PWI Sumut angkatan 20, yang terdiri dari 35 orang peserta muda. Yang belum kompeten dinyatakan sebanyak 6 orang dan yang berkompeten 29 orang. (Red/Rls)

Tinggalkan Komentar Anda