IMF29, Knalpot Lokal Kualitas Pabrik

391
IMF29, Knalpot Lokal Kualitas Pabrik
Berbagai model knalpot IMF29. Foto: Susilo Andrianto

Sebatin.com, Purbalingga, Jawa Tengah – Purbalingga memang telah menjadi sentra produksi knalpot. Hal ini terbukti dengan beberapa produsen kendaraan besar melakukan pemesan pada pengrajin di Purbalingga. Sebut saja Mercedes Benz, Toyota Astra. Daihatsu, bahkan PT. Pindad.

Salah satu pengrajin knalpot yang ikut meramaikan kerajinan knalpot di Purbalingga adalah Susilo Andrianto. Lelaki lulusan Teknik Pertanian, Universitas Jenderal Soedirman ini memulai usahanya pada tahun 2012. Meski usahanya ini merupakan usaha turun temurun, tetapi tiap generasi memiliki tantangannya masing-masing.

Ketika Ilo, panggilan Susilo Andrianto, memulai usaha ini 5 tahun lalu, dia mengalami hambatan berupa harga bahan baku yang cukup mahal dan juga sulit di dapat. Sedangkan harga knalpot malah menurun. Ilo menyiasati hambatan ini dengan melihat pangsa pasar model knalpot yang paling laris di pasaran. Dengan cara seperti itu dia mampu bertahan bahkan mengembangkan usahanya.

“Sekarang saya sudah memiliki 11 orang karyawan, 7 orang bekerja di bengkel sedangkan 4 orang lagi bertugas menjadi tenaga pemasaran di internet. Pemesan bisa custom untuk jenis knalpot yang mereka inginkan. Termasuk memilih bahan baku yang diinginkan,” ujar Ilo menunjukkan knalpot hasil produksinya.

IMF29, Knalpot Lokal Kualitas Pabrik 2
Foto: Susilo Andrianto

IMF29 adalah merk yang digunakan Ilo untuk menamai knalpot produksinya. Knalpot produksinya menggunakan bahan baku stainless steel dan galvanis. Knalpot yang diproduksinya merupakan knalpot untuk model motor sport 150cc, 250cc, dan motor 2 tak.

“Kisaran harga knalpot saya antara 400.000 – 1,5 juta. Tergantung model dan juga bahan yang digunakan. Per bulan produksi minimal 500 buah,” jelas Ilo sambil tersenyum.

Diketahui, Produk knalpot miliknya sudah sering mengikut pameran UKMK di berbagai tingkatan.

Lebih lanjut, Ilo berharap pemerintah dapat memberi pelatihan atau bantuan, agar knalpot produksinya bisa terus berkembang dan diminati pasar.

Bengkel knalpot milik Ilo terletak di Jalan Pelita 02/01 Purbalingga Lor, Purbalingga, Jawa Tengah. Meski begitu, para pembeli bisa memesan lewat market place besar seperti Tokopedia dan Bukalapak. IMF29 sudah terbiasa melayani pemesanan knalpot produksinya lewat online.

Sobat yang berencana membeli knalpot bisa langsung menghubungi marketing IMF29. Meski produksinya handmade, tapi kualitasnya tidak kalah dengan kualitas pabrikan.
(Tia MS)

Tinggalkan Komentar Anda