Ini Alasannya Mengapa Helm Wajib Digunakaan Saat Mengendarai Sepeda Motor

458
Ini Alasannya Mengapa Helm Wajib Digunakaan Saat Mengendarai Sepeda Montor

Sebatin.com – Apakah anda pengendara sepeda motor yang menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI) dan taat dengan peraturan berkendara ? Jika ya, anda sudah membantu menyelamatkan diri anda dari sesuatu hal yang tidak diinginkan. Namun sebagian dari kita masih meyepelekan penggunaan helm saat berkendara, karena alasan faktor jarak yang ditempuh dekat atau merasa ribet menggunakan helm dan lain-lain. Bahkan ada juga yang menggunakan helm karena di jalan tersebut terdapat Polisi yang sedang bertugas dan tidak menggunakan helm di jalan-jalan lain.

Helm adalah suatu benda yang berfungsi sebagai perlindungan tubuh yang dikenakan di kepala dan biasanya terbuat dari bahan-bahan seperti metal atau bahan keras lainya. Seperti yang kita ketahui bahwa kepala adalah bagian penting dalam tubuh. Tidak seperti halnya luka pada bagian tangan dan kaki yang dapat disembuhkan seiring dengan berjalanya waktu, jika terjadi benturan yang serius pada bagian kepela tentu bisa menyebabkan kerusakan otak secara permanent dan bahkan berujung kematian.

Grafik Fatalitas Kecelakaan
Gambar : Grafik Fatalitas Kecelakaan. http://korlantas-irsms.info

Dari data yang diambil pada situs korlantas-irsms.info menunjukan bahwa data kecelakaan pada bulan Oktober 2013 di Indonesia cukup tinggi yakni mencapai lebih dari 25.000 kejadian dan 5.000 lebih diantaranya meninggal dunia.

Untuk itu selain petugas yang berwajib, bimbingan dari orang tua juga diperlukan disini untuk memberikan contoh dan arahan kepada anak mereka agar selalu menggunakan helm dan menaati peraturan saat berkendara. Banyak toko yang bertebaran menjual helm dipinggir jalan, untuk itu beli dan gunakanlah helm SNI yang asli. Karena dengan menggunakan helm SNI yang asli dapat memberi keamanan lebih ketika terjadi benturan pada bagian kepala.

Diharapkan dengan adanya artikel ini membantu membuat anda mengerti tentang alasan mengapa helm wajib digunakan saat mengendarai sepeda motor. (Red)

Tinggalkan Komentar Anda