Inilah 5 (Lima) Tips Agar Anak Cerdas

257
Inilah 5 (Lima) Tips Agar Anak Cerdas
(Ilustrasi)

Sebatin.com – Kecerdasan merupakan anugrah dari Tuhan Yang Maha Esa. Semua manusia diberikan kecerdasan walaupun tingkatnya berbeda-beda. Begitu pula dengan anak-anak, kecerdasaan yang dimiliki oleh seorang anak haruslah terus dikembangkan oleh orang tuanya agar kelak bisa membanggakan.

Berikut beberapa kiat mengembangkan kecerdasan anak yang sudah kami rangkum dalam “Tips Agar Anak Cerdas”.

1. ASI

Pemberian ASI eklusif sejak bayi memang sangat dianjurkan, kandungan ASI yang kaya akan gizi dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan kecerdasan otak bayi. Sehingga kelak saat sang anak dewasa akan lebih mudah memberikan ilmu-ilmu untuk mengasah kecerdasaannya.

2. Bermain Bersama Anak

Keterlibatan orang tua saat anak bermain bisa langsung mempengaruhi perkembangan kecerdasan otak anak. Selain itu, dapat juga mempercepat proses belajar anak. Dengan hadirnya orang tua, merupakan dukungan positif bagi Anak.

3. Mainan Edukatif

Dalam hal ini banyak orang tua yang terlalu memanjakan anaknya dalam hal membelikan mainan. Meskipun saat ini zamannya era teknologi, permainan dalam bentuk gadget maupun console masih terbilang kurang dalam membantu meningkatkan kecerdasaan otak anak. Cobalah belikan anak Anda dengan mainan seperti puzzle, catur, dan sebagainya yang dapat melatih perkembangan otak sang anak.

4. Berikan Tantangan

Tantangan yang dimaksud adalah ketika sang anak ingin dibelikan sesuatu, berikan dia terlebih dahulu tugas yang sekiranya dapat memacu semangat anak untuk mendapat hal yang ia mau. Banyak tantangan yang bisa diberikan kepada anak, seperti merapihkan tempat tidur, membersihkan taman atau juga bisa menugaskan anak untuk menjaga hewan peliharaannya dengan baik. Dengan tantangan ini sang anak tidak akan berlaku manja. Saat ingin sesuatu maka ia harus berusaha terlebih dahulu.

5. Belajar Musik

Mengajari anak bermain musik dapat meningkatkan IQ anak, selain itu jika dilakukan selama 6 bulan terus menerus akan dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak. (Willi)

 

Tinggalkan Komentar Anda