Inilah 6 (Enam) Pengusaha Inspiratif Indonesia

281
Inilah 6 (Enam) Pengusaha Inspiratif Indonesia
Bob Sadino pengusaha inspiratif.

Sebatin.com – Berwirausaha adalah pekerjaan yang sangat menjanjikan. Dalam Islam, bahkan disebutkan bahwa sembilan dari sepuluh rezeki itu diperoleh dari transaksi. Susah untuk dikatakan kalau pegawai ataupun karyawan banyak yang sukses. Namun, untuk mengatakan banyak wirausaha yang sukses itu mudah sekali. Sebab, fakta membuktikan!

Inilah 6 (enam) pengusaha Indonesia yang telah menginspirasi banyak kalangan:

1. Bob Sadino

Inilah 6 (Enam) Pengusaha Inspiratif Indonesia Bob Sadino
Bob Sadino

Om Bob, demikian pengusaha yang gemar hanya mengenakan kaos dan celana pendek ini kerap disapa. Beliau lahir di Lampung, 9 Maret 1939, dengan nama dengan nama lengkap Bambang Mustari Sadino.

Om Bob dikenal oleh masyarakat luas sebagai pengusaha yang nyentrik dan ceplas-ceplos. Namun, kesuksesan-kesuksesannya tidak ia raih dengan mudah di jalan yang mulus. Ia harus jatuh-bangun terlebih dulu sebelum akhirnya ia meraih kesuksesan yang luar biasa tersebut.

Dulunya Om Bob bekerja sebagai pegawai selama sembilan tahun. Namun, setelah itu ia berhenti dan mencoba peruntungan untuk menjadi pengusaha. Usaha pertama yang dirintisnya adalah bisnis penyewaan mobil, dengan hanya bermodalkan satu mobil Mercedes dan ia supiri sendiri. Namun nasib malang menghampirinya. Ia kecelakaan saat mengendarai mobil tersebut, akhirnya bisnis itu berhenti di tengah jalan.

Tidak menjadi putus asa, Om Bob terus berjuang. Setelah itu ia bahkan bekerja sebagai tukang bangunan dan dibayar dengan upah harian yang tidak seberapa. Saat itu Om Bob melihat kalau adanya peluang bila ia membuka usaha ternak ayam dan telur ayam negeri. Ia meminjam uang tetangganya sebagai modal usahanya tersebut. Ternyata, usahanya maju dan berhasil. Meski di awal-awalnya ia bahkan sampai melakukan door to door untuk mempromosikan produknya.

Tak hanya sampai di situ, Om Bob pun melebarkan sayap dengan mencoba menjual daging dan sayuran hidroponik. Berkat keuletannya, bisnis tersebut sukses dan ia pun mendirikan Kem-Chicks, supermarket ternama yang menjual berbagai macam produk peternakan dan pertanian.

2. Susi Pudjiastuti

Inilah 6 (Enam) Pengusaha Inspiratif Indonesia Susi Pudjiastuti
Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti atau Menteri Kelautan dan Perikanan saat ini adalah wanita tegas yang sukses di bidang usahanya. Mungkin sejak kecil ia sudah punya firasat kalau ia akan sukses menjadi seorang pengusaha, sehingga ia memilih berhenti di saat masih duduk di bangku SMA dan focus menjalankan bisnisnya.

Susi mengawali bisnisnya dengan menjadi pedagang pakaian dan bed cover. Namun, ia pun peka terhadap potensi wilayah tempat tinggalnya, yakni di Pangandaran sebagai penghasil ikan. Ia akhirnya beralih ke usaha perikanan dengan modal hanya Rp. 750 ribu dari hasil menjual perhiasannya. Ia membeli ikan-ikan nelayan dan menjualnya ke banyak orang dan restoran-restoran. Meskipun sempat tersendat-sendat, tapi akhirnya ia sukses di bidangnya tersebut.

Tak hanya itu, produk usahanya pun sudah di-ekspor ke berbagai negara. Agar mudah dalam proses pengirimannya, ia membuat armana maskapai sendiri yang ia beri nama Susi Air.

3. Reza Nurhilman

Inilah 6 (Enam) Pengusaha Inspiratif Indonesia Reza Nurhilman
Reza Nurhilman

Reza Nurhilman adalah pemuda kreatif yang sukses menengahkan produk hasil kreasinya. Kripik singkong memanglah amat sangat biasa. Namun, di tangan Reza kripik singkong dibuatnya menjadi hebat sehingga banyak orang yang suka. Bahkan, kripik singkongnya selalu dinanti-nanti. Ia memberi nama kripiknya “Keripik Setan Maicih”. Keripik yang super pedas. Ia memulai bisnisnya ini dengan modal Rp. 15 juta. Hebatnya, baru setengah tahun ia membuka usaha tersebut tapi ia sudah bisa meraih omset sebanyak Rp. 7 miliar rupiah per bulan.

4. Nurhayati Subakat

Inilah 6 (Enam) Pengusaha Inspiratif Indonesia Nurhayati Subakat
Nurhayati Subakat

Di awal-awal Nurhayati memulai usahanya, ia dicemooh oleh banyak orang. Namun, Nurhayati tidak menyerah. Ia rela untuk melakukan door to door untuk mempromosikan dan menjual produknya. Ialah wardah, produk kecantikan halal.

Di saat bisnisnya mulai dikenal, tempat usahanya dilalap api. Ia sempat ingin mneyerah, tapi diurungkannya. Ia bangkit lagi dan akhirnya ia berjaya. Butuh waktu 29 tahun baginya untuk meraih kesuksesan seperti sekarang ini. Namun, tidak masalah, semua terbayarkan.

5. Sunny Kamengmau

Inilah 6 (Enam) Pengusaha Inspiratif Indonesia Sunny Kamengmau
Sunny Kamengmau

Dulunya Sunny Kamengmau hanyalah seorang tukang sapu di sebuah hotel. Namun, suatu ketika ada seorang turis dari Jepang yang memintanya untuk memasok tas kulit ke Jepang. Sunny Kamengmau yang notabenenya tidak lulus SMA tersebut, tidak menolak apalagi menyerah mendengar tawaran seperti itu. Ia bekerja keras. Ia bahkan membeli kamus Bahasa Jepang demi bisa sukses di usaha tersebut. Ia akhirnya menggaet beberapa pengerajin tas untuk membantunya. Sempat terseok-seok beberapa kali, namun ia akhirnya sukses. Tas Robita, produk tasnya, saat ini adalah idaman hampir semua sosialita di Negei Sakura itu.

6. Nicholas Kurniawan

Inilah 6 (Enam) Pengusaha Inspiratif Indonesia Nicholas Kurniawan
Nicholas Kurniawan

Di usianya yang baru 20 tahun kala itu, Nicholas sudah sukses menjadi eksportir ikan hias termuda di Indonesia. Motivasi terbesarnya untuk sukses ialah karena keluarganya saat itu sedang terpuruk dan dililit hutang. Ia bertekad untuk merubah nasib. Ia sempat mencoba berbagai usaha tapi selalu jatuh-bangun. Ia bahkan sempat tidak naik kelas saat kelas kelas dua SMA karena sibuk mencari uang. Namun, akhirnya ia sukses dengan usaha di bidang ikan hias. Awal-awalnya ia hanya menjual secara online di berbagai forum, seperti kaskus. Namun saat ini ia sudah dan terus berjaya. Omset perbulannya bisa mencapai lebih dari Rp. 100 juta rupiah. (Al Hadeed)

Tinggalkan Komentar Anda