Inilah Keuntungan Memiliki Fan Page Dibanding Akun Facebook Pribadi

1389
Inilah Keuntungan Memiliki Fan Page Dibanding Akun Facebook Pribadi
Inilah Keuntungan Memiliki Fan Page Dibanding Akun Facebook Pribadi. (Ilustrasi: Ombung)

Sebatin.com – Facebook merupakan sosial media terbesar di dunia, dimana jutaan orang dari berbagai belahan bumi telah terpaut dalam situs pertemanan yang satu ini. Jika selama ini Anda mengenal facebook hanya sebagai tempat curhat, menambah pertemanan, ataupun tempat memajang foto-foto selfie saja, mungkin Anda perlu tahu, bahwa sebetulnya masih banyak fasilitas lain yang dimiliki facebook.

Salah satu fasilitas yang terbilang cukup fenomenal dari sosial media garapan Mark Zuckerberg ini adalah facebook fan page. Apa itu fan page? Fan page merupakan sebuah halaman khusus di facebook yang fungsinya mirip seperti blog atau website, dimana si pengelola bisa menyampaikan berbagai macam informasi berupa teks, gambar, ataupun video kepada para fan atau orang-orang yang menyukai fan page tersebut.

Lantas, siapa yang cocok menggunakan fan page? Adalah individu/kelompok yang memiliki tujuan khusus, seperti mereka yang berkecimpung dalam dunia keartisan, politik, bisnis, kesenian, pendidikan, pemerintahan, dan banyak lagi. Dibandingkan dengan akun facebook pribadi, fan page mempunyai berbagai keuntungan, diantaranya adalah sebagai berikut!

  • Jika akun facebook pribadi hanya mampu menampung jumlah pertemanan maksimal 5.000 orang saja, maka fan page sanggup menampung fan (penggemar) lebih dari itu, bisa puluhan ribu, ratusan ribu, bahkan jutaan penggemar (tanpa batas) dalam satu fan page saja. Ini berarti, informasi yang Anda sampaikan akan semakin luas jangkauannya.
  • Setiap informasi yang diupdate pada sebuah fan page bisa dilihat oleh siapa saja, baik itu para fan ataupun bukan. Hal ini sangat berbeda dengan akun facebook pribadi, jika sebuah status tidak diset pada posisi publik, maka status tersebut hanya bisa dilihat oleh orang-orang yang telah menjalin pertemanan saja.
  • Status yang diupdate melalui fan page lebih mudah terindeks oleh search engine (mesin pencari) terutama Google. Dengan demikian, ada kemungkinan akan terjadi penambahan traffic yang berasal dari orang-orang yang melakukan pencarian melalui search engine. Sebagai informasi, untuk saat ini status-status dengan jumlah kata yang panjang adalah yang lebih mudah terindeks oleh search engine.
  • Berbeda dengan akun facebook pribadi yang biasanya hanya dikelola oleh satu orang saja, untuk sebuah akun fan page dapat dikelola oleh banyak orang (admin) melalui akun facebook pribadi mereka masing-masing. Dengan begitu, akan jauh lebih ringan dalam pengelolaannya, sebab tugas-tugas keadminan dapat dilakukan secara bergiliran atau disesuaikan dengan kemampuan tiap-tiap admin.
  • Keunggulan lain yang dimiliki fan page adalah status yang Anda buat bisa diiklankan. Dengan beriklan, Anda dapat menentukan siapa-siapa saja yang menjadi target iklan Anda secara lebih spesifik lagi. Misalkan saja Anda adalah seorang penjual gamis dan Anda telah membuat status promo dari produk yang Anda jual tersebut. Langkah selanjutnya adalah Anda tinggal menentukan siapa target iklan Anda, misalkan wanita, berusia antara 18-45 tahun, beragama Islam, berdomisili di provinsi Lampung, tertarik pada hijab, fashion, dan busana muslim, suka belanja online, fans dari Mamah Dedeh, ustadz Yusuf Mansur, dan lain sebagainya. Dengan target sedetail itu, tentu Anda akan lebih mudah dalam menjual barang dagangan dibanding tanpa target sama sekali. Iklan facebook (Facebook Ads) ini bisa diterapkan oleh siapa saja, sebab target iklan dapat Anda pilih berdasarkan banyak hal, seperti jenis kelamin, usia, tempat tinggal, tingkat pendidikan, pekerjaan, minat, bahkan gadget yang mereka pakai, dan masih banyak lagi.

Jika saat ini Anda atau kelompok Anda memiliki kepentingan yang berkaitan dengan publik, maka tidak ada alasan lain untuk tidak menggunakan facebook fan page. Demikianlah beberapa hal yang berhasil Sebatin.com rangkum tentang keuntungan memiliki fan page dibanding akun facebook pribadi. Jika Anda ingin tahu seperti apa fan page itu, silakan like dulu fan page kami DI SINI. (Ombung)

Tinggalkan Komentar Anda