Inilah Sumber Minuman dan Makanan yang Banyak Mengandung Kolagen

441
Inilah Sumber Minuman dan Makanan yang Banyak Mengandung Kolagen
(Ilustrasi)

Sebatin.com – Salah satu cara mudah untuk merawat kulit adalah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kolagen. Sebab, kolagen mampu membuat kulit menjadi kenyal, kencang, dan juga putih. Inilah mengapa banyak kosmetik yang menambahkan kolagen pada produknya.

Namun kosmetik yang ada di pasaran terkadang memiliki efek samping yang berbahaya bagi kulit, sehingga tak jarang membuat kulit malah menjadi rusak. Untungnya kolagen dapat dijumpai pada makanan dan minuman, sehingga Anda akan lebih mudah mendapatkan sumber kolagen yang sangat baik bagi kulit tersebut.

Lalu, makanan dan minum apa sajakah yang banyak mengandung kolagen tersebut? Simak informasi tentang 5 sumber minuman dan makanan yang banyak mengandung kolagen di bawah ini!

1. Buah-buahan

Ternyata selain sehat, buah-buahan juga mengandung kolagen. Biasanya buah-buahan yang memiliki kadar vitamin C tinggi juga terdapat kolagen yang dibutuhkan kulit. Banyak sekali buah-buahan yang menggandung kolagen tersebut, seperti anggur, apel, pear, manggis, tomat, langsat, belimbing, srikaya, manga, nanas, jambu biji, stroberi, dan lainnya, yang sangat mudah Anda dapatkan di pasar buah.

2. Cokelat

Siapa yang tidak suka dengan cokelat? Makanan ini sangat digemari, baik dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun, disarankan untuk memilih dark cokelat yang mengandung banyak kolagen dan flavonol, sebab bermanfaat untuk menghaluskan dan melindungi kulit dari efek sengatan sinar matahari.

3. Kacang-Kacangan

Beberapa jenis kacang sangat digemari masyarakat, selain kandungan kolagen yang tinggi, kacang juga memiliki kandungan asam hyaluronic yang merupakan zat anti penuaan dini. Berbagai macam olahan kacang tidak mempengaruhi kandungannya kolagen dan asam hyaluronic, sehingga jika tidak suka memakannya secara utuh, dapat dijadikan selai yang dimakan bersama roti.

4. Wortel

Bukan hanya baik untuk mata, Wortel juga mengandung kolagen dan juga mampu menghambat kerusakan kolagen dalam tubuh. Sehingga wortel sangat baik dikonsumsi bila ingin menjaga kesehatan kulit tubuh.

5. Susu

Selain sebagai pelengkap gizi, susu juga mampu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Semua jenis olahan susu sangat baik, seperti keju dan yoghurt. Terutama lagi susu murni yang mampu meningkatkan produksi kolagen secara alami.

Dengan rajin mengkonsumsi minuman dan makanan yang banyak mengandung kolagen seperti di atas, tentu akan memberikan manfaat yang baik bagi kulit, sebab kebutuhan kolagen akan terus tercukupi. Demikianlah sekilas info dari kami, semoga bermanfaat. (Willi)

Tinggalkan Komentar Anda