Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Raji’un Jamaah Haji Asal Kota Metro Meninggal di Madinah

1618
Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Raji'un Jamaah Haji Asal Kota Metro Meninggal di Madinah
Almarhum Sardi Siswanto Bin Kartoharjo duduk di kursi roda saat akan terbang menuju Mekah (02/09/2016). Foto: Dok Kemenag Metro

Sebatin.com, Kota Metro – Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un, satu jamaah haji asal Kota Metro yang tergabung dalam kloter 40 JKG, atas nama Sardi Siswanto Bin Kartoharjo (81) dilaporkan meninggal dunia di RSAS Al Dar Madinah kemarin 16/10/2016 pukul 17.06 WAS (Waktu Arab Saudi).

Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Rajiun Jamaah Haji Asal Kota Metro Meninggal di Madinah 2
Almarhum Sardi Siswanto Bin Kartoharjo terbaring di tempat tidur setelah menyelesaikan puncak haji di salah satu penginapan di Mekah bersama istri dan kedua anaknya. Foto: Dok. Kemenag Metro

Ahmad Mubarok, Ketua Kloter PPIH Kota Metro membenarkan, bahwa almarhum meninggal dunia setelah dirawat di rumah sakit Al Dar Madinah lantaran sakit dan diduga komplikasi.

”Iya saya dapat kabar dari dokter petugas kloter, dokter tersebut dapat kabar dari klinik haji, bahwa jamaah haji Kloter 40 JKG asal Kota Metro atas nama Sardi Siswanto Bin Kartoharjo (81) telah meninggal dunia pukul 17.06,” papar Ahmad Mubarok kepada Sebatin.com melalui sambungan teleponnya Senin (17/10/2016).

Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Rajiun Jamaah Haji Asal Kota Metro Meninggal di Madinah 3
Al Dar Hospital tempat almarhum dirawat dan menghembuskan nafas terakhir. Foto: Dok. Kemenag Metro

Ahmad Mubarok juga menjelaskan, Alhamdulillah, almarhum sudah mengikuti rangkaian wajib haji hanya ada beberapa rangkaian sunah haji yang belum diikuti.

”Kalau rangkaian ibadah wajibnya Insya Allah sudah sah sebagai haji. Cuma sunahnya masih belum, ya mudah-mudahan almarhum menjadi haji yang mabrur,” jelasnya.

Untuk lokasi pemakaman, pihak PPIH Kota Metro belum bisa memastikan. Namun, biasanya bagi jamaah haji yang meninggal dunia di Madinah akan dimakamkan di pemakaman umum Baqi Al-Garqat yang letaknya di sebelah timur dari Masjid Nabawi. Yang mana, di tempat ini juga, dimakamkan Usman Bin Affan RA (Khalifah ke Tiga) dan para istri nabi Muhammad SAW, yaitu Siti Aisyah RA, Ummi Salamah RA, Juwairiyah RA, Zainab RA, Hafsah binti Umar bin Al Khattab RA, dan Marriyah Al-Qibtiyah RA, beserta putera-puteri Nabi Muhammad SAW, yakni Ibrahim, Siti Fatimah, serta Ummu Kulsum.

Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Rajiun Jamaah Haji Asal Kota Metro Meninggal di Madinah 4
Tempat Pemakaman Umum Baqi Al-Garqat yang berlokasi di sebelah timur dari Masjid Nabawi dan biasa dipergunakan untuk memakamkan jamaah haji yang meninggal dunia. Foto: Dok. Kemenag Metro

”Pihak keluarga sudah kita beritahu kalau almarhum akan dimakamkan di Madinah. Karena tidak ada jamaah haji yang meninggal lalu jenazahnya dikirim ke sini. Ya semoga pihak keluarga mengikhlaskan,” tuturnya.

Perlu diketahui sebelumnya, bahwa bapak Sardi kondisinya memang ditinggalkan oleh rombongan kloter 40 JKG di rumah sakit tersebut, dikarenakan kesehatannya yang masih dalam keadaan koma. Sedangkan istri dan kedua anaknya ikut pulang ke Indonesia berbarengan dengan rombongan kloter 40 JKG.

Kepala Kantor Kementerian Agama Metro Drs. Qomaru Zaman dan Pimpinan Umum Sebatin.com beserta staff mengucapkan turut berduka cita atas berpulangnya Bapak Sardi Siswanto Bin Kartoharjo, semoga almarhum menjadi haji yang mabrur, khusnul khotimah, dan amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT, serta keluarga yang ditinggalkan senantiasa mendapatkan ketabahan dan keikhlasan. Aamiin. (Red)

Tinggalkan Komentar Anda