Inventarisir Kelemahan Seluruh Elemen Jelang Pemilu 2019, KPU Kota Metro Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS

6
Inventarisir-Kelemahan-Seluruh-Elemen-Jelang-Pemilu-2019,-KPU-Kota-Metro-Gelar-Simulasi-Pemungutan-dan-Penghitungan-Suara-di-TPS
Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS pada Pemilihan Umum tahun 2019, di Lapangan Iringmulyo Kampus, Metro Timur, Rabu (10/04/19). Foto : Ade

Sebatin.com, Kota Metro – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro, menggelar kegiatan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS pada Pemilihan Umum tahun 2019, di Lapangan Iringmulyo Kampus, Metro Timur, Rabu (10/04/19).

Ketua Divisi Teknis KPU Kota Metro, Toni Wijaya, menjelaskan, tujuan simulasi pemungutan dan penghitungan suara itu, adalah untuk memberikan gambaran yang jelas dan gamblang tentang kegiatan pemungutan dan penghitungan suara pada hari pelaksanaan Pemilu yang sebenarnya, yaitu pada tanggal 17 April 2019 mendatang. “Ini dilakukan juga untuk menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan, serta menginventarisir dan mengevaluasi kekurangan dan kelemahan semua elemen pada penyelenggaraan Pemilu serentak 2019”, ujarnya.

“Simulasi ini tidak serentak, namun dilakukan seluruh KPU di Indonesia. Ini juga merupakan pelengkap dari semua Bimtek yang sudah KPU berikan kepada rekan-rekan PPK, PPS, dan KPPS. Jadi mereka bisa langsung menerapkan pengetahuan yang mereka dapat di simulasi ini”, terang Toni Wijaya di sela-sela pelaksanaan Simulasi, Rabu (10/04/19).

Lanjutnya, dalam Simulasi itu, seluruh penyelenggara dilibatkan, namun peran para penyelenggara itu ada yang sebagai pemilih dan ada juga yang berperan sebagai saksi. “Jadi yang benar-benar terlibat itu penyelenggara seperti PPK, PPS, dan KPPS, serta pengawas dari Panwaslu Kelurahan sebagai pengawas TPS. Sedangkan partai yang bertarung adalah partai buah-buahan. Jadi sekitar 200 orang yang terlibat di simulasi ini”, paparnya.

Toni Wiyaja juga mengatakan, bahwa dengan simulasi ini, pihaknya optimis KPPS dapat melaksanakan tugas dengan baik. Dan dirinya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Metro, untuk dapat berpartisipasi aktif dalam memberikan hak suaranya. “Dan juga ikut serta mengawasi setiap proses tahapan pencoblosan dan penghitungan suara. Sehingga pemilu serentak ini bisa akuntable dan mendapatkan pemimpin yang terbaik untuk jangka waktu lima tahun kedepan”, pungkasnya.

Turut hadir dalam acara simulasi tersebut, Assisten l Kota Metro mewakili Walikota Metro, Achmad Pairin, Kepala KPU Kota Metro, Kapolres Kota Metro, Kepala Kejaksaan Kota Metro, Camat se-Kota Metro, Kapolsek se-Kota Metro, dan Petugas KPPS serta para tamu undangan. (Ade)

Tinggalkan Komentar Anda