Jalankan Instruksi Pusat, Pemkot Metro Lounching Pelaksanaan Transaksi Non Tunai

4
Jalankan Instruksi Pusat, Pemkot Metro Lounching Pelaksanaan Transaksi Non Tunai
Pemukulan gong sebagai simbol diresmikannya pelaksanaan Transaksi Non Tunai di Lingkungan Pemkot Metro

Sebatin.com, Kota Metro – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro resmi menggelar lounching penerapan Transaksi Non Tunai di Lingkungan Pemkot Metro, di halaman Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) setempat, Senin (2/03/20). Langkah ini digadang-gadang sebagai wujud komitmen bersama terhadap efektivitas, efesiensi, transparan dan akuntabel.

Dijelaskan oleh Wakil Wali Kota Metro, Djohan bahwa kebijakan pelaksanaan Implementasi Transaksi Non Tunai adalah merupakan instruksi pemerintah pusat untuk dilaksanakan oleh masing-masing pemerintahan dalam mengelola keuangan di daerah.

“Program tersebut dilakukan guna mendukung upaya aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi sebagaimana yang diinstruksikan oleh Presiden RI Joko Widodo melalui Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2016 beberapa waktu yang lalu,” papar Djohan.

Lanjutnya, sebagian pelaksanaan Transaksi Non Tunai sudah dilaksanakan pada 1 Januari 2018 lalu. “Harapannya agar kebijakan tersebut dapat digunakan secara penuh,” ujarnya.

“Kebijakan ini akan meningkatkan transparansi dan mencegah adanya kebocoran pendapatan dan pengeluaran daerah,” pungkas Djohan.

Sementara, Budiharto Setyawan selaku Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Lampung menyatakan, perencanaan Implementasi Transaksi Non Tunai di Metro merupakan yang pertama di Lampung.

“Dalam pelaksanaan transaksi non tunai ini, kita akan mendorong sebagian uang tunai menggunakan kartu,” pungkasnya.

Diketahui, dalam acara penandatangan bersama ini, dihadiri Oleh Wakil Walikota Mertro Djohan, Sedakot Metro A Nasir AT dan seluruh Kepala Satker, Camat hingga Lurah serta perwakilan BPKP Provinsi Lampung dan OJK. (red)

Tinggalkan Komentar Anda