Jangan Rusak Kehidupan Anda, Begini Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

399
Jangan Rusak Kehidupan Anda, Begini Cara Menghilangkan Pikiran Negatif
(Ilustrasi)

Sebatin.com – Pikiran negatif sering kali datang tiba-tiba dan apabila tidak cepat-cepat disingkirkan, maka pikiran negatif biasanya akan mendatangkan masalah baru dalam kehidupan. Bahkan dalam kondisi tertentu, pikiran negatif juga mampu menurukan kesehatan tubuh seseorang, diawali dengan rasa cemas, gelisah hingga membuat tubuh menjadi drop dan akhirnya sakit.

Jika pikiran negatif mulai datang, cobalah lakukan beberapa hal di bawah ini agar terhindar efek buruk dari pikiran negatif itu sendiri.

1. Menghindar

Pikiran negatif biasanya datang secara tiba-tiba, ketika sedang melihat sesuatu yang negatif atau bertemu dengan seseorang dengan perangai negatif. Maka sebaiknya langsung menghindar pergi ke tempat yang lebih nyaman, bisa menuju taman untuk menyegarkan kembali pikiran yang sudah sempat negatif tadi.

2. Cari Penyebab Utama

Pikiran negatif selalu berhubungan dengan tingkat kepercayaan diri atau anggapan kepada orang lain. Mulailah belajar membaca 2 hal ini untuk menghindari pikiran negatif tersebut. Sebagai contoh seperti seorang bos yang berkata, bahwa karir Anda hanya sebatas ini saja jika tidak ada prestasi yang gemilang. Hal ini jika ditanggapi secara negatif maka hanya akan menimbulkan masalah, untuk itu harus berusaha menanggapinya dengan pikiran positif, bahwa maksud dari perkataan tersebut adalah sebuah motivasi.

3. Koreksi Pikiran Negatif

Jika tiba-tiba berfikir negatif tentang sesuatu atau seseorang, maka cobalah untuk menantang pikiran tersebut dengan sebuah pertanyaan. Anda bisa bertanya pada diri Anda seperti “Apakah hal itu benar? Apa faktanya ?” atau “Bagaimana bisa saya menuduh orang tersebut?”. Dengan memberikan perlawan kepada pikiran negatif, maka Anda akan berfikir ulang untuk mencari-cari kesalahan orang lain ataupun keadaan.

4. Bersyukur

Bersyukur adalah salah satu cara untuk mengurangi pikiran negatif, dengan bersyukur seseorang akan merasa apa yang ia dapatkan sudah tercukupkan dengan usaha selama ini. sehingga penyakit-penyakit hati akan sulit menghampiri.

5. Tertawa

Nikmati kehidupan ini, jangan sampai terpuruk dengan sebuah pikiran negatif yang bahkan tidak penting. Tertawalah bersama teman-teman Anda untuk mendapatkan sesuatu yang positif hingga berujung pada hidup yang optimis.

Demikianlah beberapa kiat untuk mengatasi pikiran negatif. Pada intinya jangan rusak kehidupan Anda dengan pikiran-pikiran negatif, sebab masih banyak hal-hal positif yang menanti kepiawaian Anda untuk mengeksplornya. (Willi)

Tinggalkan Komentar Anda