Jelang Pilgub Panwas Pringsewu Ingatkan Netralitas ASN

263
Jelang-Pilgub-Panwas-Pringsewu-Ingatkan-Netralitas-ASN
Saat Panitia Pengawas pemilu Kabupaten Pringsewu mengingatkan kepada para ASN dan Kepala Desa beserta perangkatnya untuk tetap menjaga netralitas selaku ASN. Photo : RZF Sebatin.com

Sebatin.com, Pringsewu – Jelang tahapan penyelenggaraan Pilgub yang sebentar lagi akan dimulai, geliat aktifitas para bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur semakin meningkat, mulai dengan melakukan pertemuan-pertemuan akbar, hingga dengan menebar media sosialisasi berupa spanduk ataupun banner, praktik tersebut tampak merata hampir di seluruh kabupaten dan kota di provinsi lampung tak terkecuali di kabupaten pringsewu.

Fenomena dukung mendukung para bakal calon juga menjadi semakin meningkat animonya tidak hanya dari parpol tertentu, ormas, berbagai komunitas, dan tidak tertutup kemungkinan oleh tokoh publik dan ASN.

Fajar Fakhlevi, Panitia Pengawas pemilu Kabupaten Pringsewu mengingatkan kepada para ASN dan Kepala Desa beserta perangkatnya untuk tetap menjaga netralitas selaku ASN, dan dapat tetap bekerja sesuai dengan tupoksinya selaku bagian dari penyelenggara negara, oleh sebab itu, tidak boleh masuk dalam wilayah politik praktis dengan mendukung pihak-pihak tertentu yg menjadi bakal calon Gubernur.

Peringatan tersebut sebagai upaya pencegahan dini kepada para ASN meski tahapan Pilgub belum dimulai, dan ketika calon telah ditetapkan, ASN bisa di rekomendasikan oleh panwas kepada pihak yg berwenang untuk diberi peringatan atau hukuman disiplin apabila terbukti tidak netral dalam kontestasi pilgub mendatang, bahkan untuk kasus dan kejadian tertentu, ASN juga bisa dikenakan sanksi pidana pemilihan.

Sejauh ini, Panwaskab Pringsewu telah menyoroti kegiatan para bakal calon, maupun parpol yg melakukan kegiatan atau pertemuan terbuka di wilayah kabupaten pringsewu dan juga telah mendapat berbagai laporan terkait adanya dugaan keterlibatan ASN, untuk itu, menjadi catatan tersendiri bagi panwas untuk dapat melakukan tidakan pencegahan sedini mungkin.

(RZF/Rls)
Editor : Holik

Tinggalkan Komentar Anda