Jelang Ramadhan 1437 H Wali Kota Metro Dan Wakil-nya Lakukan Sidak Pasar

770
Jelang Ramadhan 1437 H Wali Kota Metro Dan Wakil-nya Lakukan Sidak Pasar
Wali Kota Metro beserta Wakil Sidak Pasar jelang Ramadhan 1437 H, Jumat (3/06/2016). Foto : Embun/Sebatin.com

Sebatin.com – Wali Kota Metro Achmad Pairin dan Wakil Wali Kota Djohan melakukan sidak di Pasar Sumbersari, Margorejo dan Metro Mega Mall, Jumat (3/06/2016), guna memantau harga-harga kebutuhan pokok menjelang bulan suci Ramadhan 1437 H.

Ikut juga dalam sidak tersebut Ketua DPRD Metro Anna Morinda, Plth Sekda Kota Metro Khaidarmansyah, Asisten III Evi Rovinati, Kepala Dinas Perdagangan dan Pasar Purwanto, Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Rahmad Haru Nurdi beserta para camat se-Kota Metro.

Dari hasil pantauan, beberapa harga telah mengalami kenaikan, bahan pokok yang mengalami lonjakan di antaranya cabai, daging ayam, dan daging sapi.

“Untuk beras masih stabil. Daging ayam juga terbilang masih wajar walau naik. Cuma sapi yang memang tinggi. Kenaikan itu kan karena supply and demand, kalau banyak permintaan harga biasanya naik,” terang Pairin.

Dijelaskannya, harga daging sapi hidup saat ini berkisar Rp. 40 ribu sampai Rp. 41 ribu per kilogram (kg). Dari kisaran harga tersebut rasionya harga daging potong per kg yang dijual di pasaran Rp. 100 ribu lebih sedikit.

“Jadi dari sapi seberat lima kuintal misalnya, itu kalau dipotong dagingnya sekitar 180 sampai 190 kilo. 40 persen dari berat awal sudah hebat tuh, rata-rata 38 sampai 39 persen. Nah, rasio kami harga Rp 100 ribu lebih dikit lah. Cuma ini kan naik karena ada supply and demand tadi. Menjelang puasa harganya naik,” beber Pairin.

Dinas Pertanian Pertenakan dan Kehutanan Kota Metro sebelumnya telah memastikan stok daging sapi cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadhan maupun Idul Fitri.

Berdasarkan data Dinas Pertanian Pertenakan dan Kehutanan Kota Metro, stok daging sapi peternak dan pedagang sebanyak 176.200 kg. Sementara konsumsi daging sapi pada bulan Ramadham dan Idul Fitri diperkirakan mencapai 27.500 kg.

Dari hasil sidak tersebut Pemerintah Kota (Pemkot) Metro akan merapatkan tentang kenaikan harga-harga beberapa kebutuhan pokok di pasar yang ada di wilayah setempat.

“Solusi belum kita bicarakan, tapi nanti kita akan berusaha untuk menurunkan harga daging. Nanti kita bahas bersama dengan dinas-dinas terkait apa yang bisa Pemkot Metro lakukan,” terang Achmad Pairin, Wali Kota Metro, di ruang kerjanya usai sidak.

Ia menambahkan, Pemkot Metro akan berkonsentrasi agar harga daging bisa ditekan. Apakah dengan mencari pedagang sapi atau memberikan subsidi langsung ke masyarakat, dengan melihat kemampuan APBD 2016. “Karena APBD tahun ini kan dibahas tahun lalu. Yang jelas untuk APBD tahun depan, itu sudah kita pikirkan hal seperti ini,” tuntasnya. (Embun)

Tinggalkan Komentar Anda