Jelang Usianya Yang Ke-72, TNI Siap Mewujudkan Indonesia Yang Mandiri, Berdaulat, Berkepribadian, Adil dan Makmur

478
Jelang Usianya Yang Ke-72, TNI Siap Mewujudkan Indonesia Yang Mandiri, Berdaulat, Berkepribadian, Adil dan Makmur
Logo Resmi HUT TNI Ke-72 Tahun 2017

Sebatin.com, Cilangkap – “ Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia Yang Mandiri, Berdaulat, Berkepribadian, Adil dan Makmur”. Demikianlah tema yang akan di usung dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Ke -72 Tahun 2017, yang akan jatuh tepat pada tanggal 5 Oktober nanti, yang secara pelaksanaannya akan dipusatkan di Pelabuhan Indah Kiat, Cilegon, Banten.

Kepala Pusat Penerangan TNI Mayjen TNI Wuryanto, menjelaskan bahwa kegiatan peringatan HUT TNI yang selalu di laksanakan pada setiap tanggal 5 Oktober pada setiap tahunnya, merupakan sebuah bentuk upaya guna pelestarian tradisi, nilai juang dan memupuk kebanggaan serta jiwa korsa TNI.

“Dan pemilihan tema kegiatan di tahun 2017 ini mempunyai makna, bahwa TNI bertujuan merefleksikan niat, tekad dan semangat patriotik dan profesionalisme prajurit TNI untuk selalu berbuat dan berkarya lebih baik, lebih berkualitas dan lebih berkapasitas dalam bingkai NKRI”, jelas Mayjen TNI Wuryanto, di Mabes TNI Cilangkap, Rabu (30/8/2017).

Lanjutnya, dengan kebersamaan dan kemanunggalan TNI dan rakyat, dapat diyakini akan menjadi daya tangkal yang maha dahsyat guna menegakkan kedaulatan dan mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta mewujudkan Indonesia berdaulat, mandiri dan berkepribadian.

“Lahirnya TNI adalah dari rakyat, berjuang untuk rakyat, dan selamanya untuk rakyat. Bagi TNI, sikap patriotik sejati dan peningkatan profesionalisme serta keberadaannya dicintai rakyat adalah kunci kekuatan TNI dalam menyelesaikan setiap tugas yang diberikan Negara”, ungkapnya.

Guna menyemarakkan peringatan HUT TNI Ke-72 Tahun 2017, seluruh panitia baik pusat maupun daerah akan menyelenggarakan berbagai kegiatan bakti sosial dan kesehatan, yang diantaranya yaitu pengobatan umum, operasi katarak, operasi bibir sumbing, pelayanan KB/Kebidanan, sunatan massal, pelayanan gigi, donor darah, pemberian alat bantu dengar, kaca mata plus minus dan kursi roda serta kegiatan sosial lainnya seperti bazar dan pembagian sembako.

Tak hanya itu, peringatan HUT TNI Ke-72 Tahun 2017 juga akan di ramaikan dengan beragam kegiatan kreatif lainnya, antaralain lomba foto dan karya tulis jurnalistik, festival film nasional, lomba dayung dan renang 1.000 meter, lomba para motor dan aeromodelling, lomba MTQ, MHQ dan Hadro serta lomba lagu rohani dan perjuangan. Ditambah, pihak TNI juga menghadirkan 1.000 siswa/i berprestasi dari seluruh wilayah tanah air, khususnya pulau-pulau terluar dan daerah perbatasan, guna melaksanakan kegiatan ziarah ke makam mantan Presiden RI dan Panglima Besar Jenderal Sudirman.

Dan pada acara puncak nanti akan dimeriahkan dengan menggelar parade dan defile pasukan serta alutsista TNI, dilanjutkan dengan demo pencak silat gabungan, halang rintang laut dan terjun free fall, sosiodrama tentang sejarah perjuangan pahlawan nasional, terjun statik lalut, demo tempur latihan gabungan TNI, sailing pass, jupiter aerobatic team dan flying pass.

(Kolonel Inf Bedali Harefa, S.H.)

Tinggalkan Komentar Anda