Jenuh Dengan Kondisi Jalan Berlubang dan Berkubang Terbayarkan Dengan Keindahan Suasana Taman Purbakala Pugung Raharjo

1062
Jenuh Dengan Kondisi Jalan Berlubang dan Berkubang Terbayarkan Dengan Keindahan Suasana Taman Purbakala Pugung Raharjo 01
Situs Punden Berundak Taman Purbakala Pugung Raharjo, di Desa Pugung Raharjo Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur. Foto : Sebatin.com

Sebatin.com, Lampung Timur – Mengisi liburan dengan berwisata, biasanya dilakukan para anak muda dengan mengunjungi pantai atau tempat wisata yang minim dari nilai edukasi. Berbeda kesannya ketika kita berwisata mengunjungi Taman Purbakala Pugung Raharjo, sebuah lokasi yang juga mempunyai potensi wisata dan memiliki unsur edukasi serta sejarah peradaban. Taman Purbakala ini bertempat di Desa Pugung Raharjo Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur.

Taman Purbakala ini sangat cocok untuk dijadikan sebuah referensi kunjungan wisata, guna mengisi waktu liburan bersama keluarga dan kerabat. Tak hanya disajikan dengan situs-situs peninggalan prasejarah berupa punden berundak dan kolam megalitikum yang memiliki mitos sebagai kolam pembuat tubuh tetap awet muda, para pengunjung juga dapat menikmati hadirnya keindahan sunrise di pagi hari dan sunset di sore hari, ditambah dengan suasana yang sejuk dan hamparan areal yang luas.

Seperti wisatawan lokal asal Kabupaten Lampung Barat, Dasa, yang merasa takjub dengan keindahan taman tersebut. Pemilik dan pengelola akun instagaram yang banyak memberikan referensi tentang tempat-tempat wisata menarik yang ada di Provinsi Lampung, dengan id-nya @lampungmong ini mengunjungi Taman Purbakala Pugung Raharjo bersama dengan Sigit, rekannya yang berasal dari Kabupaten Way Kanan.

Jenuh Dengan Kondisi Jalan Berlubang dan Berkubang Terbayarkan Dengan Keindahan Suasana Taman Purbakala Pugung Raharjo 02
Situs Kolam Megalitikum (Kolam Awet Muda) Taman Purbakala Pugung Raharjo, di Desa Pugung Raharjo Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur. Foto : Sebatin.com

“Saya takjub dengan keindahan Taman Purbakala ini Mas, bagus dan sangat berpotensi. Dan saya juga bangga Taman Purbakala ini ada di Provinsi Lampung, tanah kelahiran saya. Taman wisata nasional ini memiliki keindahan yang alami, bukan buatan”, jelasnya kepada sebatin.com, Selasa (04/07/2017)

Namun, Dasa juga mengungkapkan rasa keprihatinan dan kekecewaannya terhadap pemerintah setempat, yang di rasa kurang dalam memberikan perhatian terhadap ketersediaan beberapa sarana dan prasarana serta akses jalan menuju Taman Purbakala tersebut.

“Sangat disayangkan pemerintah setempat tidak berusaha semaksimal mungkin untuk memperhatikan dan meningkatkan fasilitas-fasilitas umum, terutama akses jalan menuju Taman Purbakala. Memang lebih baik lagi jika ada tempat parkir, petugas-petugas keamanan serta fasilitas toilet umum yang memadai. Agar kami dan para pengunjung lain merasa nyaman dan tenang. Jadi tidak was-was. Namun demikian, saya sangat senang bisa berkunjung kembali kesini (Taman Purbakala Pugung Raharjo), ini kali kedua saya kesini. Ya meskipun jalannya hancur, saya tetap senang”, tutupnya sebelum kemudian pamit meninggalkan lokasi taman wisata.

Lokasi Taman Wisata Purbakala Pugung Raharjo dapat di capai dengan waktu kurang lebih 90 menit dari pusat Ibukota Kabupaten Lampung Timur, Sukadana. Yang harus melewati berkilo meter jalan berlubang hingga berkubang untuk mencapai taman yang indah tersebut.

(S05)

Tinggalkan Komentar Anda