Kampung Baru, Kecamatan Margatiga Siap Bermetamorfosis Jadi Kampung Wisata

109
Kampung Baru, Kecamatan Margatiga Siap Bermetamorfosis Jadi Kampung Wisata 01
Suasana sore hari di Kampung Baru, Kecamatan Marga Tiga, Kabupaten Lampung Timur, Selasa (13/8/19). Foto : RZF

Sebatin.com, Lampung Timur – Kampung Baru adalah sebuah daerah yang secara geografis terletak di ujung Kecamatan Margatiga, Kabupaten Lampung Timur. Kampung ini memiliki corak yang berbeda dengan kampung-kampung pada umumnya.

Secara statusnya, Kampung Baru bukanlah Desa, melainkan sebuah Dusun yang menjadi bagian dari Desa Gedung Wani Timur.

Di diami oleh sekitar 50 Kepala Keluarga (KK), yang keyakinan masyarakatnya didominasi oleh ajaran agama Islam, membuat suasana di kampung tersebut kental dengan nuansa agamis. Ditambah lagi dengan cirikhas kampung yang keseluruhan dikelilingi dengan bentangan pagar kawat, sehingga terlihat seperti sebuah benteng atau komplek yang inklusif, jika dilihat dari luar kampung.

Namun, akan terlihat berbeda bila kita masuk kedalamnya, keramahan warga ditambah dengan nuansa kampung yang asri serta sejuknya tanaman akan menyambut kedatangan para tamu, sehingga meninggalkan kesan yang nyaman dan harmonis.

“Dulu kampung ini (Kampung Baru, red) sebutannya Kampung Kawat, karena hampir seluruh wilayahnya dikelilingi oleh bentangan pagar kawat”, terang Edi, salah satu warga Kampung Baru saat ditemui, Sebatin.com, di seputaran kampung, Senin (12/8/19).

Menurutnya, kampung itu secara penataan, awalnya disusun dengan konsep dan perencanaan yang matang, dengan maksud dapat menjadi nilai tambah keindahan dari kampung. Tak hanya itu, pengairan hingga penentuan jenis tanaman pagar juga direncanakan, guna memenuhi unsur keindahan dan sisi ekonomisnya.

“Pagar tanaman disini diseragamkan seluruhnya. Dan saat ini, sedang kami siapkan pohon vanili sebagai tanaman pagar, selain memiliki nilai keindahan juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Hasilnya kan akan kembali ke masyarakat juga, dan bisa menjadi operasional tambahan guna pengembangan kampung ini”, jelas Edi, yang juga merupakan anak dari salah satu pendiri Kampung Baru.

Kampung Baru, Kecamatan Margatiga Siap Bermetamorfosis Jadi Kampung Wisata 02
Sebatin.com saat berkunjung ke lokasi Kebun Jeruk di Kampung Baru, Marga Tiga, Lamtim. Foto : RZF

Ditempat yang sama, Sriyono, selaku Koordinator Penataan Sarana dan Prasarana Kampung Baru, menyampaikan harapannya, bahwa kampung itu, kedepan akan dikonsep menjadi sebuah Kampung Wisata. “Harapan kami, kampung kami ini bisa maju juga, wong kampung ini punya potensi, dari agro hingga karakteristiknya berbeda dengan kampung-kampung yang ada, jadi kenapa tidak”, ungkapnya.

Dalam pantauan wartawan Sebatin.com, selain karakteristik kampung yang ramah, sejuk dan religius, Kampung Baru juga memiliki beberapa potensi agrowisata seperti kebun jeruk, buah naga, vanili, dan salak yang semuanya merupakan milik warga setempat dan berada didalam kampung tersebut. (RZF)

Tinggalkan Komentar Anda