Kandungan Gizi Beras Merah

495
Kandungan Gizi Beras Merah

Sebatin.com – Begitu besar kandungan gizi beras merah sehingga membuat banyak orang memanfaatkan makanan satu ini sebagai pengganti nasi (beras putih). Beras sendiri merupakan makanan pokok di berbagai belahan negara terutama Indonesia. Dimana beras merah sendiri masih satu varietas dengan beras putih, adapun yang membedakan secara kasat mata adalah warna merah dan kecoklatan pada beras merah.

Meskipun beras merah kurang begitu banyak disukai, secara gizi beras merah lebih baik dibanding beras putih. Kandungan zat pada lapisan yang berwarna merah mengandung zat anti kanker, antioksidan dan rendah gula sehingga sanggat cocok bagi penderita diabetes.

Adapun Kandungan Gizi Beras Merah Antara Lain Sebagai Berikut:

1. Menurunkan Berat Badan

Kandungan karbohidrat kompleks yang terkandung dalam beras merah mampu memberikan energi secara berkala sehingga membuat tubuh tidak mudah merasakan lapar ditambah lagi serat yang mampu melancarkan pencernaan. Sehingga beras merah sangat di ajurkan bagi seseorang yang sedang melakukan program diet.

2. Menjaga Gula Darah.

Beras merah disarankan bagi penderita diabetes karena memiliki kandungan indeks glikemik yang rendah, sehingga dapat mengatur kadar gula dalam darah, namum tetap memberikan energi yang cukup bagi tubuh.

3. Mencegah Gejala Sembelit

Kandungan serat larut yang terkandung dalam beras merah mampu melancarkan pencernaan dalam tubuh.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Beras merah memiliki kandungan magnesium, yang dianggap mampu membantu menjaga kesehatan tulang. Magnesium merupakan nutrisi penting yang diperlukan untuk tubuh agar terjaga dari penyakit osteoporosis dini.

5. Mencegeh Kolesterol Jahat

Bagi seseorang yang sedang menderita kolesterol dianjurkan untuk mengganti beras putih dengan beras merah. Dikarnakan kandungan Minyak esensial yang terkandung dalam beras merah diyakini dapat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi. (Red)

Tinggalkan Komentar Anda