Kasat Minta Pasukan Elit Tingkatkan Kemampuan Intelejen

458
Kasat Minta Pasukan Elit Tingkatkan Kemampuan Intelejen
Kepala Satuan (Kasat) Sabhara Polres Kota Metro AKP. Catur hendro saat mengisi pengarahan kepada Pasukan Elit Sabhara (PES) di aula Wira Devia Cita Polres setempat, kamis (16/03/2017). Foto: Arby - Sebatin.com

Sebatin.com, Kota Metro – Satuan Sabhara Polres Kota Metro melaksanakan Pelatihan Peningkatan Kemampuan Pasukan Elit Sabhara (PES) di aula Wira Devia Cita Polres Setempat, Kamis (16/03/2017).

Pelatihan tersebut akan difokuskan pada penguatan data intelejen guna mendeteksi secara dini ganguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Satuan (Kasat) Sabhara Polres Kota Metro AKP. Catur Hendro menjelaskan, melihat kondisi saat ini perlu adanya peningkatan kemampuan pasukan elit khususnya bidang Intelejensi.

“Itu kaitannya dengan situasi sekarang ini, polisi dituntut harus lebih profesional. Jadi materi-materi yang kita berikan ini berkaitkan dengan tugas pokok polisi dan dari berbagai sisi. Khususnya dari sisi Intelejennya, Binmasnya, Preventifnya, dan dari sisi saat melakukan tangkap tangan pasukan PES harus bisa melakukan tindakan hukum. Makanya kita berikan pelatihan ini, pada saat pelaksanaan nanti tidak ada kesalahan dan kekeliruan saat melakukan tugas,” jelasnya.

Selain itu, AKP. Catur juga menilai, berdasarkan informasi yang dihimpunnya, Kota Metro sebenarnya hanya menjadi sasaran pelaku kejahatan. Maka pihaknya berupaya dapat menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif dengan tambahan kemampuan yang dimiliki pasukan elit Polres Metro.

“Kita sendiri sudah menyimak di media maupun informasi dari warga, sebenarnya Metro ini sasaran pelaku kejahatan. Itu kita liat dari beberapa kejadian kriminal khususnya C3. Dalam hal ini PES mungkin kita bisa memback up, dan bagaimana caranya juga bisa sebagai Intelejen dan sebagai Binmas untuk memberikan masukan kepada masyarakat dan menjaga diri sendiri serta lingkungan maupun keluarga. Yang paling penting penguasaan intelejensi dalam mendeteksi dini harus dikuasai pasukan PES ini,” ucapnya.

Kasat Sabhara ini juga menargetkan, setelah pelatihan peningkatan yang akan berakhir hingga 18 maret mendatang, PES dapat menjadi salah satu ujung tombak meminimalisir tindak kejahatan di wilayah hukum Polres Kota Metro.

“Targetnya dapat menciptakan situasi kamtibmas khususnya di wilayah Metro, baik kriminal, konflik sosial, teror, dan semua yang menyangkut gangguan kamtibmas,” tandasnya.

(Arby)

Tinggalkan Komentar Anda